Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Blue Safir dan Blue Topaz

Perbedaan antara batu blue safir dengan blue topaz sangat sulit dibedakan oleh anda yang baru mengenal batu mulia dan pertama beberapa bulan belakangan ini. Sehingga diperlukan penjelasan yang lebih terperinci agar kemilau dari batuan berharga tinggi ini tidak menipu mata anda. Saya yakin dengan sering melihat blue safir dan blue topaz maka mata anda akan mudah untuk mengenali perbedaannya.

Blue Safir


Blue safir merupakan suatu bentuk kristal tunggal mineral aluminium oksida yang dikenal dengan nama korundum. Batu blue safir dengan mudah ditemukan di alam secara alami sebagai batu permata yang berwarna indah mengesankan.

Baca juga: Perbedaan Blue Safir Asli dan Palsu

Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir.Harga blue safir cukup tinggi sehingga hanya digunakan oleh kalangan menengah keatas, bahkan beberapa jenis blue safir dapat menembus harga yang fantastis.

Blue Topaz


Blue topaz merupakan mineral silikat dari aluminium dan fluor yang mengkristal dalam ortorombik sistem, dan yang kristal sebagian besar prismatik diakhiri oleh piramida dan tampilan permukaan lain yang tidak kalah menawannya.

Baca juga: Perbedaan Blue Topaz Asli dan Palsu

Daerah penghasil blue topaz terbesar ialah negara bagian Texas yang terjadi secara alami. Blue topaz merupakan batu mulia yang sangat berharga dan sangat langka. Sebagai proses peningkatan kualitas maka material panas dirawat dan iradiasi untuk menghasilkan warna biru gelap yang terkesan lebih mewah.

Perbedaan Blue Safir dan Blue Topaz

Diantara perbedaan yang paling menonjol ialah harga blue safir lebih mahal dibandingkan dengan harga blue topaz. Oleh karena itu hanya orang-orang ekonomi kelas atas saja yang dapat mengkoleksi blue safir di jajaran cincin kesayangannya.

Akan tetapi jangan berkecil hati terlebih dahulu karena blue topaz pun dapat melingkar indah di jemari anda layaknya kemewahan yang dipancarkan sebuah blue safir. Perbedaan lain yang didapat saat mengamati tampilannya ialah dari kecerahan warna biru yang dipancarkan dari kedua batu yang menawan hati ini.

Warna batu mulia blue safir sangat indah yaitu biru tua sedangkan batu blue topaz lebih rendah nilainya karena warna yang dihasilkan terlalu cerah sehingga dapat mengurangi kesan mewah yang selama ini didapat dari penggunaan blue safir.

Itu saja mungkin yang dapat saya sampaikan mengenai perbedaan batu blue safir dengan batu blue topaz semoga menjadi sedikit pertimbangan bagi anda yang akan membeli batu mulia dan permata untuk melengkapi penampilan terbaik anda.

Perbedaan Blue Safir dan Blue Topaz Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis