Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Blue Topaz Asli dan Palsu

Batu permata blue topaz memiliki keunikan dalam warna dan cahaya yang dipancarkannya sehingga banyak digunakan untuk cincin, kalung, liontin, maupun gelang. Tetapi sebelum memilih untuk membeli, sebaiknya anda baca terlebih dahulu perbedaan blue topaz asli dengan yang palsu sehingga anda dapat menukarkan uang yang anda miliki dengan batu mulia topaz asli kualitas baik.


Jika anda masih bingung untuk memilih batu permata yang akan menghiasi jari manis anda maka sungguh sebuah pilihan yang tepat jika anda memilih batu topaz dengan segala kemilaunya. Batu ini telah banyak digunakan oleh orang-orang ternama untuk melengkapi penampilan yang prima. Oleh karena itu jika kemilau topaz sudah anda sukai maka anda termasuk orang yang memiliki selera tinggi.

Blue topaz adalah batu mulia yang memiliki kadar kekerasan cukup tinggi yaitu sekitar 7 – 8 skala mohs. Struktur dari kristal batu topaz sangat baik untuk memancarkan pantulan sinar yang indah saat dipandang mata dan membuat orang tak tahan untuk segera memilikinya. Pada intinya keindahan blue topaz dihasilkan dari warna biru yang dipancarkan oleh sinar yang telah diserap sebelumnya.

Jenis blue topaz yang cukup terkenal di dunia ialah sky blue topaz (topaz biru langit), swiss blue topaz (topaz biru muda lebih pekat), dan London blue topaz (topaz biru tua pekat). Sky blue topaz biasanya memiliki serat yang masih dapat terlihat oleh mata telanjang. Swiss blue topaz memiliki tingkat kebeningan yang baik dengan cahaya yang lebih lembut dan elegan. London blue topaz memiliki warna dan sinar luster yang menarik untuk dipadukan dengan aksesoris lainnya.

Perbedaan Batu Blue Topaz Asli dan Palsu

Semakin tingginya permintaan pasar terhadap batu akik dan permata maka menjadikan peluang juga orang jahat untuk meraup keuntungan dengan menjual topaz palsu. Untuk itu beberapa trik dibawah ini mengenai ciri-ciri blue topaz asli dan bagaimana cara membedakannya dengan topaz palsu akan sedikit menuntun anda agar tidak mudah tertipu orang yang tidak bertanggungjawab tersebut.

Langkah pertama yang harus anda siapkan ialah menyediakan kaca pembesar yang dapat memperbesar objek minimal 10 kali lipat. Dengan menggunakan kaca pembesar tersebut anda akan dapat melihat dengan jelas serat yang khas pada blue topaz atau jenis topaz lainnya juga. Selain itu anda juga dapat melihat inklusi yaitu kotoran alami pada batu mulia yang juga menjadi ciri keasliannya.

Setelah anda mengamati batu blue topaz yang akan dibeli dengan menggunakan kaca pembesar, maka anda dapat menarik beberapa kesimpulan. Jika anda melihat serat khas topaz maka blue topaz tersebut adalah asli, namun jika serat tersebut tidak nampak atau memiliki serat yang aneh maka blue topaz tersebut palsu.

Selain itu topaz asli memiliki kotoran alami sehingga tidak mulus 100% sehingga walaupun batu blue topaz itu memiliki kualitas terbaik namun tetap saja masih terdapat kotoran yang terbentuk secara alami. Berbeda dengan topaz palsu maka anda sama sekali tidak akan mendapatkan kotoran sedikitpun sehingga batu akan terlihat sangat mulus dan sangat bening seperti halnya anda melihat kaca.

Demikian perbedaan batu blue topaz asli dengan batu blue topaz palsu yang dapat kami sampaikan. Terlepas dari pembahasan diatas maka cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk membedakan batu asli dan yang palsu ialah dengan membawanya ke laboratorium geologi, sehingga dapat diukur tingkat kekerasan dan kandungan batu tersebut. Semoga bermanfaat bagi pembaca blog semua.

Perbedaan Batu Blue Topaz Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis