Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Saus Tiram dan Saus Teriyaki

Untuk bisa menikmati hidangan lezat beserta keluarga, sebaiknya anda sertakan juga saus yang cocok dengan makanan yang anda buat. Untuk itu kiranya sangat penting untuk mengetahui apa perbedaan antara saus tiram dengan saus teriyaki tersebut.


Saus Tiram

Pengertian saus tiram adalah saus kental berwarna agak kehitaman yang dibuat dari bahan dasar tiram dan mempunyai rasa gurih dan asin. Saus tiram berkualitas tinggi dibuat dari tiram yang dimasak hingga mengental tanpa tambahan garam, vetsin, dan tanpa bahan pengawet. Saus tiram kualitas rendah biasanya dibuat dari sedikit kaldu tiram encer, tepung pengental, karamel gula, dan vetsin.

Saus tiram memiliki rasa asin yang cukup kuat sehingga masakan yang menggunakan saus tiram biasanya tidak perlu lagi dibubuhi garam atau kecap asin. Saus tiram biasanya digunakan sebagai perasa untuk tumis sayur-sayuran. Saus tiram bisa juga digunakan sebagai penyedap untuk mie goreng atau nasi goreng spesial.

Saus Teriyaki

Pengertian saus teriyaki adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus teriyaki. Saus teriyaki dibuat dari kecap asin, sake untuk memasak, gula pasir.

Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak. Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan, sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging, atau cumi-cumi.

Perbedaan Saus Tiram dan Saus Teriyaki

Bahan pembuat saus tiram adalah kaldu tiram encer, tepung pengental, karamel gula, dan vetsin. Sedangkan saus teriyaki terbuat dari kecap asin, sake untuk memasak, dan gula pasir.

Biasanya masakan yang dibubuhi saus tiram maka identik dengan restoran ala cina. Sedangkan masakan yang dibubuhi saus teriyaki identik dengan masakan ala jepang.

Saus tiram digunakan untuk penyedap masakan sehingga terasa lebih nikmat dan lezat. Sedangkan saus teriyaki digunakan untuk bahan proses memasak yang biasanya dipanggang.

Perbedaan Saus Tiram dan Saus Teriyaki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis