Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Cemburu dan Iri Hati

Seorang manusia memiliki hati yang dipenuhi oleh berbagai rasa seperti cinta, sayang, rindu, kesal, benci, dan perasaan lainnya. Diantara sekian banyak suasana hati manusia, ada dua hal yang kadang sulit untuk membedakannya yaitu cemburu dan iri hati.


Cemburu

Pengertian cemburu adalah emosi yang muncul akibat perasaan terancam, takut, dan risau akan kehilangan sesuatu yang sangat dicintainya. Cemburu sering kali merupakan gabungan emosi yang ditunjukkan seperti marah, benci, kekurangan, dan tidak berdaya.

Cemburu merupakan perasaan biasa dalam hubungan sesama manusia. Ia telah dipantau pada bayi lima bulan dan seterusnya. Cemburu sering kali diperkukuhkan sebagai suatu emosi yang kuat dan dibentuk sebagai pengalaman dari kehidupan manusia.

Iri Hati

Pengertian iri hati adalah sebuah perasaan tidak puas yang timbul akibat keuntungan atau kesuksesan yang diperoleh orang lain. Iri hati membuat orang merasa tidak nyaman ketika ada orang lain yang lebih darinya. Rasa iri hati termasuk jenis perasaan negatif yang mudah menyerang hati manusia.

Penyakit iri hati lebih berbahaya dari penyakit fisik atau emosi. Apabila hati sudah dikuasai oleh iri, maka alamat jiwa menjadi rusak. Ledakan dari rasa iri adalah perasaan dengki. Pada yang demikian inilah diri benar-benar menjadi sakit.

Sayyidina Ali ra. pernah berkata, "Sehatnya badan disebabkan sedikitnya dengki". inilah kenyataannya, sifat iri adalah sifat yang umum. Untuk menghadapi orang-orang yang memiliki sifat iri maka cara terbaik yang bisa dilakukan ialah mendo'akannya agar dibersihkan hatinya oleh Allah swt. dari penyakit hati tersebut.

Perbedaan Cemburu dan Iri Hati

Perasaan cemburu adalah tidak senang dan tidak suka atas kepemilikan sendiri yang berhubungan dengan orang lain. Adapun sifat iri adalah perasaan ketidaksenangan dan ketidaksukaan kita atas kepemilikan sesuatu yang dimiliki oleh orang lain.

Cemburu adalah suatu perasaan yang positif atau baik jika masih dalam batas kewajaran, sedangkan iri hati adalah perasaan yang buruk dan dapat menghancurkan persahabatan yang terjalin.

Sedangkan persamaan keduanya ialah baik cemburu maupun iri hati merupakan perasaan tidak senang dan tidak suka. Semoga saya dan para pembaca semua dilindungi oleh Allah swt. dari penyakit hati yang dapat merusak amal baik kita. Amiin..

Perbedaan Cemburu dan Iri Hati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis