Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Biduri Bulan Asli dan Palsu

Biduri bulan termasuk batu akik yang banyak diminati sebagai perhiasan laki-laki maupun wanita sebagai cincin, anting-anting, maupun liontin. Perbedaan yang dapat anda lihat dari batu biduri bulan asli dengan yang palsu adalah dari segi tampilan, saat disorot cahaya fokus, serat, maupun tingkat kekerasannya.


Nama batu biduri bulan sering juga disebut dengan widuri bulan atau natural moonstone yang tergolong pada batu mulia half edelsteen yang memiliki nilai kekerasan 6 dalam skala Mohs. Disebut dengan nama batu biduri bulan karena adanya kemiripan cahaya yang dipantulkan seperti sinar bulan purnama.

Batu indah ini memiliki beragam warna, namun yang banyak kita jumpai dipasaran adalah yang berwarna bening air. Dalam proses alami maka kandungan mineral potasium alumunium silikat memerlukan waktu hingga ratusan tahun untuk bisa menjadi batuan mulia ini. Ada juga terdapat dipasaran yaitu dengan warna dasar biru laut, sehingga banyak orang menamakannya biduri laut. Jenis lain yang cukup terkenal ialah batu biduri sepah dan biduri pandan.

Penemuan batu biduri bulan banyak berasal dari negara Sri Lanka, Birma, Brazilia, dan sebagian kecil dari pegunungan Alpen di Eropa. Biasanya biduri bulan terdiri dari 3 jenis yaitu biduri bulan polos, biduri bulan biru (blue flash moonstone), biduri bulan mata kucing (cat eye moonstone), dan star moonstone. Keindahan batu ini diukur dari kebeningan, kebersihan, luster, ukuran, dan kerapihan potongan.

Perbedaan Batu Biduri Bulan Asli dan Palsu

Cara yang paling mudah tapi terlihat sedikit ekstrim untuk membedakan batu biduri bulan asli atau sintetis adalah dengan cara menyiapkan korek api. Lalu bakar batu akik tersebut dalam beberapa saat hingga permukaannya terlihat menghitam. Jika setelah di lap dengan kain bersih, warnanya kembali bening seperti semula maka batu terbut adalah biduri bulan asli. Namun sebaliknya jika setelah di lap warna permukaan batu berubah menjadi pucat dan tidak bening maka batu tersebut adalah biduri bulan palsu atau imitasi yang terbuat dari bahan plastik atau kaca.

Perbedaan juga terlihat antara yang asli dengan yang palsu jika menerawangnya dengan bantuan lampu senter fokus. Jika terlihat ada serat yang meintang tak beraturan maka batu biduri bulan tersebut adalah asli. Sedangkan jika bagian dalam batu terlihat sangat mulus maka sudah dapat dipastikan bahwa batu biduri bulan tersebut adalah palsu. Hal ini terjadi karena sifat dasar batu adalah memiliki serat, walaupun sangat halus sehingga ketika dilihat tanpa lampu seolah-olah menjadi bening. Namun sebaliknya biduri bulan yang terbuat dari bahan sintetis tidak memiliki serat sebagaimana yang kita biasa lihat dalam batu akik asli.

Perbedaan Batu Biduri Bulan Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis