Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Merah Siam dan Merah Delima

Batu berwarna merah memang membuat hati jadi terpesona memandangnya dan memancarkan aura cinta yang menggelora. Banyak orang memilih batu merah siam untuk hiasan cincin batu akiknya, karena batu ini lebih murah dibandingkan harga merah delima yang sangat mahal dan hanya dapat dimiliki kalangan tertentu saja.


Untuk mengetahui apa perbedaan antara batu merah siam dengan batu merah delima maka kita harus melihat terlebih dahulu sejarah atau cerita dibalik kedua batu yang oleh sebagian orang dianggap bertuah dan memiliki nilai mistis yang tinggi. Padahal batu hanyalah sebuah benda yang tidak dapat memberikan manfaat apa-apa kepada pemakainya, semua manfaat hanya datang dari Allah swt.

Batu Merah Siam


Batu merah siem sebenarnya merupakan nama lain dari batu ruby sintetis yang pada umumnya berwarna merah cerah, namun sebagian terdapat juga warna merah gelap. Jenis batu merah siem ini sangat populer dikalangan penggemar batu akik terutama pada masa sebelum gebyar batu akik muncul tahun-tahun belakangan ini.

Kecerahan warna merah sangat tampak pada batu merah siam ini, sehingga sangat mudah ditembus oleh cahaya redup sekalipun. Sebaiknya batu akik ini dipadukan dengan batang cincin yang sesuai yaitu dari bahan titanium dengan taburan aksesoris permata dipinggirnya. Anda juga dapat lebih merasakan kemewahan saat memakainya jika dilapisi dengan warna emas pada bagian pinggir batangnya.

Beberapa jenis merah siem yang dikenal oleh para kolektor dan banyak tersedia di pasaran batu akik Indonesia diantaranya adalah batu permata merah siem merah delima, pecah seribu, retak seribu, kapas, kalimantan, bangkok, rose, kristal, star, darah, diamond, tua, termahal, thailand, dan obsidian.

Batu Merah Delima


Nama merah delima berasal dari nama buah merah delima yang memiliki biji di bagian dalam buahnya. Kisah mistis menyelimuti batu jenis ini, sehingga orang rela pergi ketempat berbau mistis untuk mendapatkan batu bertuah ini. Padahal batu merah delima hanyalah jenis batuan yang diciptakan Allah swt. sebagai perhiasan di muka bumi. Jadi tinggalkanlah perbuatan syirik, dan mintalah segala sesuatu hanya kepada Allah swt, Rabb yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Ciri-ciri merah delima asli adalah jika dimasukkan kedalam air di dalam gelas, maka air yang ada dalam gelas tersebut akan berubah menjadi warna merah. Bisa juga dengan membariskan empat gelas berisi air lalu batu merah delima disimpan di depan gelas-gelas tersebut, kemudian sorotkan cahaya fokus kearah batu maka akan terpancar cahaya merah sehingga ke-empat gelas tadi akan terlihat memerah.

Perbedaan Batu Merah Siam dan Merah Delima

Jika dilihat dari sisi warna maka tampilan merah siam ini sangat mirip dengan merah delima, namun anda dapat dengan mudah membedakannya dari kejernihan dan serat alami batu. Batu merah siam akan nampak polos tanpa serat jika anda menerawangnya dengan cahaya, sedangkan merah delima memiliki serat batu yang khas sehingga anda akan melihat keindahan bagian dalam batu tersebut.

Perbedaan Batu Merah Siam dan Merah Delima Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis