Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Kronis dan Akut

Penyakit kronis yang diderita seorang pasien menyebabkan komplikasi dengan penyakit akut lainnya. Untuk itu penting kiranya kita membahas tentang hal yang saya kira penting untuk ditulis dalam postingan kali ini yaitu perbedaan antara kronis dengan akut yang sering tertukar penggunaannya. Dan mungkin sebagian dari anda beranggapan kedua istilah ini sama, untuk itu simak penjelasan berikut.


Cara penyembuhan penyakit kronis tentu akan jauh berbeda dengan penyembuhan penyakit akut yang terdapat dalam tubuh seseorang. Namun semua cara tersebut tidak bisa mendatangkan kesembuhan tanpa izin dari Allah swt. Bertaubatlah kepada Allah akan semua dosa yang telah dilakukan, karena setiap musibah dan penyakit yang datang merupakan teguran agar kita kembali kepada jala-Nya.

Kronis

Pengertian kronis adalah status riwayat penyakit yang telah berlangsung lama (menahun) dan pengobatan yang harus dilakukan pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Pengobatan untuk penyakit kronis dilakukan dalam jangka waktu beberapa minggu, beberapa bulan, atau bahkan harus dilakukan seumur hidup.

Penyakit kronis dapat diartikan juga sebagai suatu penyakit dengan kondisi yang terjadi tidak selalu bergejala, perlahan, dan waktu yang lama. Contoh penyakit kronis yang sering kita lihat adalah penyakit osteoporosis dan penyakit asma.

Jika ada seorang pasien yang mengalami osteoporosis atau pengkeroposan tulang, maka itu merupakan proses yang kronis karena proses terjadinya keropos tulang tersebut berjalan dalam jangka waktu yang sangat lama yaitu bertahun-tahun.

Akut

Pengertian penyakit akut adalah jenis-jenis penyakit yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat, sesuatu yang berat, mendadak, dan terkadang membutuhkan pertolongan dengan segera. Tetapi sebagian penyakit akut ada juga yang tidak memerlukan penangan darurat karena frekuensi resikonya pun cukup lemah.

Contoh penyakit akut adalah pendarahan akut, serangan jantung, patah tulang, atau penyakit lainnya yang terjadi dalam waktu singkat. Jika ada seorang pengendara motor yang jatuh dan mengalami patah tulang kaki, berarti patah tulang tersebut termasuk penyakit akut karena semua terjadi tidak terencana dan mendadak.

Istilah akut juga digunakan untuk menunjukkan rasa sakit yang begitu kuat dan hebat. Misalnya pendarahan akut adalah menggambarkan kondisi serius akibat pendarahan yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat sehingga membutuhkan pertolongan medis secepat mungkin. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata akut artinya sesuatu yang timbul mendadak dan memburuk begitu cepat.

Perbedaan Kronis dan Akut

Setelah uraian diatas yang begitu panjang maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa perbedaan kronis dengan akut diantaranya adalah kronis bersifat menahun dan berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama, sedangkan akut muncul secara mendadak, sesuatu yang berat, dan memburuk begitu cepat.

Dapat dikatakan antara kronis dan akut hanyalah suatu penggolongan jenis-jenis penyakit berdasarkan durasi waktu perjalanan penyakitnya saja. Selain itu dari sebagian penyakit akut memiliki peluang untuk dapat menjadi penyakit kronis.

Perbedaan Kronis dan Akut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis