Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Badar Besi Asli dan Palsu

Satu lagi batu akik yang pantas dijadikan koleksi perhiasan anda yaitu batu badar besi yang terkenal akan aura wibawanya. Seseorang yang mengenakan batu cincin ini akan terlihat lebih gagah dan berwibawa, sehingga cocok sekali dikenakan pria yang bermasalah terhadap penampilannya. Adapun mengenai apa perbedaan batu badar besi yang asli dengan yang palsu akan diterangkan singkat dibawah ini.


Batu badar besi adalah jenis batuan yang masih mengandung unsur besi (fe) sehingga batu ini dapat tertarik oleh magnet. Nama internasional untuk batu ini adalah hematite dengan rumus kimia Fe 2 O 3. Tingkat kekerasan badar besi sekitar 6 skla mohs dengan kebanyakan memiliki warna abu-abu tua.

Warna badar besi lainnya ialah coklat agak kemerahan, merah, abu-abu silver, abu-abu kehitaman, dan variasi warna lain. Negara penghasil batu badar besi banyak berasal dari negara Brazil, Mexiko, Australia, Amerika, dan tentunya Indonesia.

Batu mulia yang memiliki beragam keunikan ini pada umumnya ditemukan di daerah pegunungan yang dahulunya pernah mengalami bencana banjir lahar dan kemudian telah mengendap selama ratusan bahkan ribuan tahun di dalam tanah.

Kemampuan badar besi untuk menempel pada magnet, disebabkan terdapat unsur besi yang dominan sehingga batu ini disebut juga dengan nama magnetsteen atau jenis batu yang dapat menempel atau tertarik oleh bongkahan magnet.

Perbedaan Batu Badar Besi Asli dan Palsu

Adapun cara membedakan badar besi asli dengan badar besi palsu maka dapat anda gunakan dua cara mudah berikut ini. Pertama ciri batu badar besi asli adalah dengan menyiapkan sebatang magnet dan coba anda dekatkan badar besi anda.

Jika batu badar besi tersebut asli maka akan menempel atau tertarik oleh magnet karena didalamnya terkandung unsur besi, sebaliknya jika batu badar besi tersebut palsu, imitasi, atau pasakan maka tidak akan bisa menempel pada magnet.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian batu akik kesayangan anda tersebut ialah dengan menetesinya dengan getah pepaya. Jika setelah ditetesi beberapa saat terlihat mengering maka batu tersebut merupakan badar besi asli, sebaliknya jika sulit kering maka batu tersebut merupakan badar besi palsu.

Perbedaan Batu Badar Besi Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis