Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Black Opal Asli dan Palsu

Batu black opal saat ini telah menjadi salah satu primadona baru yang cukup meramaikan khazanah pasar batu akik nusantara. Dengan warnanya yang gemerlap bertabur jarong yang memancarkan warna warni memukau, membuat orang terpesona akan keindahannya. Perbedaan antara batu black opal asli dengan yang palsu ini dibuat untuk memberikan panduan sederhana bagi para pemula agar terhindar dari batu sintetis, pasakan, obsidian, dan batu abal-abal lainnya.


Keindahan yang terpancar dari kemilau batu black opal mampu memikat hati para penggemarnya. Padal batu ini bukan termasuk batu permata seperti halnya ruby, topaz, zamrud, dan batu permata sejenisnya. Batu black opal merupakan fosil pohon sempur yang sudah mengalami proses pengkristalan jutaan tahun lalu.

Daerah penghasil batu black opal di Indonesia ialah di provinsi banten yang banyak menghasilkan batu kalimaya, sempur, black opal, dan batu berkelas lainnya. Warna batu black opal adalah hitam gelap dengan kerlip jarong yang bertebaran di atas permukaan batu. Keindahan warna jarong inilah yang menjadi pembeda dengan batu lainnya, sehingga menghasilkan nilai jual tersendiri yaitu memiliki harga tinggi.

Harga batu black opal dengan kualitas terbaik bisa menembus harga ratusan juta rupiah. Negara penghasil opal terbesar adalah Australia sehingga mampu memasok 90 % pasar batu opal di seluruh dunia. Namun kualitas black opal banten tak kalah dengan black opal Australia, sehingga mampu bersaing di pasar internasional.

Perbedaan Batu Black Opal Asli dan Palsu

Adapun cara membedakan black opal asli dengan yang palsu diantaranya adalah dengan membakar batu menggunakan korek api. Jika batu mampu bertahan tanpa adanya perubahan maka black opal tersebut adalah asli, sedangkan jika black opal mengalami perubahan akibat pembakaran maka batu tersebut palsu atau imitasi.

Cara lain yang dapat anda coba adalah dengan menempelkan cat pada permukaan batu. Jika cat menghilang setelah di lap maka batu tersebut asli, sedangkan jika setelah di lap masih meninggalkan bekas maka batu adalah palsu atau masakan.

Selain itu anda dapat melihat kandungan serat dalam black opal. Jika saat di terawang terdapat serat halus maka batu black opal tersebut asli, namun jika batu black opal tidak memiliki serat sama sekali maka sudah dapat dipastikan batu tersebut palsu. Anda juga dapat membedakannya dalam hal berat, sebab batu sintetis dengan ukuran sama memiliki berat lebih ringan dibanding batu asli.

Perbedaan Batu Black Opal Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis