Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Save dan Save As

Saat anda mengetik surat di Microsoft Word, Excel, Power Point, atau software lain maka saat menyimpannya maka akan ada pilihan save dan save as. Banyak orang yang masih bingung tentang kedua fungsi perintah di komputer ini. Padahal jika anda sejenak membaca artikel tentang apa perbedaan save dengan save as pada ms word 2007 dibawah ini maka semuanya akan terasa menjadi mudah.


Fungsi kedua perintah tersebut memiliki kesamaan yaitu sama-sama perintah untuk menyimpan file di dalam hard disk komputer. Namun jika anda memilih save maka file akan tersimpan langsung di file yang sedang anda kerjakan tersebut. Contohnya jika anda membuka file surat 001 yang berisi surat lamaran kerja, maka jika anda merubah sesuatu misalnya tujuan atau tanggal dalam surat maka saat anda menekan save, file akan langsung tersimpan di file surat 001 tersebut.

Baca juga: Perbedaan Hardware dan Software

Berbeda saat anda selesai mengedit surat lamaran tersebut lalu menekan save as, maka file akan tersimpan dalam file baru sehingga anda dapat menamainya misalnya surat 002. Dengan demikian file surat 001 tidak mengalami perubahan apapun, sehingga aman untuk data anda. Jadi gunakan save dan save as sesuai fungsi dan tujuan anda, apakah ingin membuat file yang sama ataukah ingin membuat file baru sehingga file lama tidak mengalami perubahan sedikitpun.


Untuk mendapatkan akses ke perintah save dan save as pada ms word 2007 maka dekatkan kursor ke bagian pojok kiri. Lalu klik kiri di bagian yang berbentuk bulat, maka akan terbuka beberapa pilihan, termasuk tombol save dan save as. Lalu klik kiri pada bagian save, jika anda ingin menyimpan dalam file yang sama.


Atau anda dekatkan ke bagian tombol save as lalu akan tampil beberapa pilihan, lalu klik kiri pada tombol "word document" lalu masukkan nama file dan tekan save. Maka saat itu file akan otomatis tersimpan dalam file yang berbeda.

Demikian penjelasan saya tentang fungsi dan kegunaan save dengan save as serta cara menggunakannya. Semoga penjelasan diatas cukup membantu anda yang sedang bingung dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah atau kantor anda.

Perbedaan Save dan Save As Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis