Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Hardware dan Software

Sebuah perangkat komputer atau laptop tentunya memiliki bagian penting untuk dapat digunakan yaitu hardware dan software. Untuk dapat memperjelas kedua bagian tersebut maka saya berusaha untuk menunjukan kepada anda dimana letak perbedaan antara hardware dengan software dilihat dari sudut pandang berbeda.

beda hardware dan software


Hardware

Pengertian hardware adalah semua bagian fisik atau perangkat keras komputer yang dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan software (perangkat lunak) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan berbagai tugasnya.

Contoh hardware yang berada di dalam sebuah komputer diantaranya adalah motherbord, RAM, CD Rom, DVD Rom, Bus PCI, Bus ISA, USB, AGP, ROM, CPU, Power supply, floppy disk, memory, hard disk, jaringan komputer, modem, dan kartu network.

Termasuk hardware tambahan dari sebuah komputer pribadi atau PC adalah keyboard, mouse, trackball, joystick, gamepad, scanner gambar, webcam, tablet grafis, printer, speaker aktif, monitor, TV tunner, external modem, dan perangkat tambahan lainnya.

Jika terjadi kerusakan dibagian hardware komputer maka akan mengakibatkan kerusakan yang parah bahkan komputer tidak bisa dinyalakan sama sekali. Untuk cara mengatasinya yang paling mudah ialah melakukan penggantian perangkat yang dicurigai sebagai sumber masalah dengan perangkat yang baru.

Software

Pengertian software adalah sebuah perangkat lunak atau sebuah data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh sebuah komputer. Dengan kata lain, software adalah bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

Pembuatan software memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh seorang programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware, sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Contoh software adalah application software, operating system, software development tool, device driver, firmware, freeware, shareware, malware, anti virus, corel draw, photoshop, mocrosoft word, windows, linux, winamp, visual basic, dan software lainnya.

Jika terjadi kerusakan dibagian software komputer maka biasanya komputer masih menyala, namun kinerja untuk program tersebut tidak bisa berjalan dengan normal. Komputer akan tidak merespon perintah sama sekali jika yang rusak adalah sistem operasinya maka satu-satunya solusi ialah dengan menginstal ulang.

Perbedaan Hardware dan Software

Perbedaan utama ialah hardware adalah perangkat komputer yang secara fisik terlihat bentuknya, sedangkan software merupakan perangkat komputer yang tidak terlihat bentuknya karena berupa data-data yang disimpan dalam CD atau alat penyimpanan lainnya.

Kalau dilihat dari fungsinya maka hardware memiliki peranan untuk menyiapkan berbagai sumber daya fisik yang diperlukan untuk melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan software lebih kepada fasilitas digital yang memudahkan pengguna untuk memberikan perintah kepada komputer dalam melakukan suatu pekerjaan.

Adapun persamaan hardware dan software adalah sama-sama komponen penting dalam sebuah sistem komputer yang saling bekerjasama dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Komputer, laptop, tablet, netbook, tidak akan berjalan jika tidak dilengkapi dengan salah satu dari hardware maupun software.

Perbedaan Hardware dan Software Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis