Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Giok dan Zamrud

Batu permata jenis giok dan zamrud memiliki kualitas yang super indah dan harga yang sangat mahal. Jika anda pecinta batu akik dan permata tentunya akan mengetahui keindahan yang terpancar dari setiap jenis bantu, karena setiap batu memiliki keunikan tersendiri. Untuk mengetahui perbedaan batu giok dengan batu zamrud maka anda bisa melihat artikel area perbedaan berikut ini.

beda giok dan jamrud

Batu Giok

Batu giok atau jade adalah sejenis batu permata hijau yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.

Pada saat ini batu giok banyak berasal dari Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor. Batu giok juga dipercaya bisa berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan, dan kesehatan.

Dalam dunia kesehatan, manfaat batu giok banyak digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, anti penuaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan keletihan. Batu giok juga banyak dipakai pada saat terapi pijat ceragem. Selain itu dalam penyelidikan menunjukkan bahwa batu giok mengandung banyak elemen penting seperti kalsium, potasium, besi dan magnesium.

Batu giok menjadi batu yang paling diminati dalam hal perhiasan, medis dan juga keunikannya sehingga batu ini juga mempunyai banyak model tergantung pada saat batu itu diasah dan dibentuk.

Batu giok adalah batu permata yang diasah dan dibentuk dalam banyak ukuran dan model, mulai dari seukuran meja, liontin, anting, dan cincin. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari bentuk kotak, lonjong, oval, persegi tiga, hingga persegi banyak. Selain bentuknya, warna dari giok pun beraneka ragam, mulai dari putih, kuning, merah hingga yang paling populer berwarna hijau.

Zamrud

Batu zamrud atau emerald adalah suatu varietas dari mineral beryl berwarna hijau dengan jumlah kromium dan kadang-kadang vanadium beryl yang memiliki kekerasan 7,5 - 8 pada skala Mohs.

Nilai batu Zamrud dapat dilihat dari empat parameter yaitu warna, pemotongan, kejelasan, dan kristal. Sebuah zamrud yang baik memiliki sebuah rona hijau murni dan transparansi tingkat tinggi.

Baca Juga: Perbedaan Batu Lavender dan Kecubung

Warna pada zamrud sangat menentukan kualitas, semakin hijau warna zamrud maka harganya akan semakin mahal. Warna zamrud terjadi dalam beberapa corak warna mulai dari kuning-hijau ke biru-hijau. Warna zamrud primer yang paling baik tentu harus menjadi warna hijau, selain itu warna harus cerah terlihat hidup.

Teknik pemotongan juga dapat mempengaruhi nilai dan harga batu zamrud, akan lebih baik jika zamrud dipotong dengan menonjolkan jumlah cahaya yang paling maksimum. Semakin jernih sebuah batu zamrud maka nilai dan harganya akan semakin meningkat.

Negara penghasil batu zamrud adalah Kolombia, Afghanistan, Australia, Austria, Brazil, Bulgaria, Kamboja, Kanada, Cina, Mesir, Ethiopia, Perancis, Jerman, India, Italia, Kazakhstan, Madagaskar, Mozambik, Namibia, Nigeria, Norwegia, Pakistan, Rusia, Somalia, Afrika Selatan, Spanyol, Swiss, Tanzania, Amerika Serikat, Zambia.

Perbedaan Batu Giok dan Zamrud

Cara membedakan batu giok dengan batu zamrud tidak bisa dengan hanya melihat dari kasat mata saja, kecuali anda adalah seorang yang ahli yang sudah puluhan tahun menjadi kolektor batu mulia ini. Untuk anda yang masih awam maka cara terbaik ialah membeli alat yang bernama Jadeite Filter atau Chelsea Filter.

Dengan menggunakan alat Jadeite Filter maka akan terlihat perbedaan warna dari kedua batu tersebut. Jika batu permata yang anda lihat dengan Jadeite filter berwarna pink maka itu adalah batu zamrud. Namun jika yang anda lihat dalam Jadiate Filter tersebut berwarna hijau maka batu tersebut adalah batu giok atau jade.

Itulah sedikit uraian dari kami tentang apa perbedaan antara batu giok dengan zamrud yang dapat kami sampaikan kepada anda para pecinta batu akik dan permata di seluruh Indonesia.

Perbedaan Batu Giok dan Zamrud Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis