Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Iklim Tropis dan Subtropis

Setiap daerah di permukaan bumi ini memiliki iklim masing-masing yang berbeda antara satu kawasan dengan kawasan lain. Diantara iklim yang ada, maka kita mengenal negara yang beriklim tropis dan iklim subtropis dengan karakteristik masing-masing. Bagi anda yang ingin mengetahui perbedaan iklim tropis dengan subtropis maka silahkan simak artikel blog area perbedaan berikut ini.


Berdasarkan posisi relatif suatu tempat di bumi terhadap garis khatulistiwa dikenal kawasan-kawasan dengan kemiripan iklim secara umum akibat perbedaan dan pola perubahan suhu udara, yaitu kawasan tropis, subtropis, sedang, dan wilayah kutub.

Iklim Tropis

Pengertian iklim tropis adalah suatu daerah di permukaan bumi yang secara geografis berada di sekitar ekuator. Area ini terletak di antara 23.5° LU dan 23.5° LS, dan mencakup seluruh bagian Bumi yang mengalami kejadian alam menakjubkan yaitu dalam setahun mengalami dua kali saat matahari tepat berada di atas kepala.

Sedangkan kata tropis atau tropika berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu tropos yang memiliki arti berputar. Penamaan ini disebabkan oleh adanya posisi matahari yang berubah antara dua garis balik dalam suatu periode yang disebut dengan tahun.

Baca juga: Perbedaan Cuaca dan Iklim

Istilah tropis juga biasa digunakan juga untuk menggambarkan wilayah yang hangat dan lembap dalam sepanjang tahun, walaupun terkadang wilayah tersebut tidak terletak di antara dua garis balik. Sedangkan tumbuhan tropis dan hewan tropis merupakan penyebutan untuk spesies yang hidup di daerah tropis.

Contoh kota tropis yang ada di beberapa negara di seluruh dunia diantaranya ialah Nairobi - Kenya, Singapura, Jakarta - Indonesia, Manila - Filipina, Bombay - India, Rio de Janeiro - Brasil, Balikpapan - Kalimantan Timur, dan kota Depok - Jawa Barat.

Iklim Subtropis

Pengertian iklim subtropis adalah wilayah yang berada di utara dan selatan setelah wilayah tropis yang dibatasi oleh garis balik utara dan garis balik selatan pada lintang 23,5° utara dan selatan.

Kondisi iklim subtropis diwarnai dengan badai, hujan salju, atau angin tornado. Daerah beriklim subtropis memiliki 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Keempat musim yang ada di wilayah subtropis di atas memiliki karakteristik tersendiri, dengan suhu maksimal, suhu minimal, kelembaban, maupun kondisi mahluk hidup yang berbeda.

Contoh daerah subtropis di seluruh dunia diantaranya adalah sebagian besar Eropa kecuali Skandinavia, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Barat sebelah utara, Amerika Serikat, Afrika Utara, Afrika Selatan, Australia, dan bagian selatan Amerika Selatan.

Perbedaan Iklim Tropis Dan Subtropis

Perbedaan yang dapat kita simpulkan diantaranya ialah iklim tropis terdapat di wilayah yang berada di garis khatulistiwa, antara belahan bumi utara pada 23,4378 ° dan belahan bumi selatan pada 23,4378 °. Sedangkan wilayah iklim subtropis berada di sisi timur benua antara 20 ° dan 35 ° utara dan selatan garis lintang.

Suhu rata-rata iklim tropis adalah antara 70-85F (21-29.5C), sedangkan suhu rata-rata iklim subtropis sebesar 10 C (50 F).

Iklim tropis memiliki lebih banyak habitat hewan dan tumbuhan, sedangkan pada iklim subtropis terdapat sedikit tumbuhan, sebagian banyak tumbuhan yang tumbuh adalah rerumputan.

Iklim tropis memiliki tekanan rendah yang hangat, sedangkan iklim subtropis memiliki tekanan tinggi dan sedikit atau tidak ada kelembaban atau air seperti di gurun savannah.

Iklim tropis terdapat pada garis khatulistiwa, sedangkan subtropis terdapat di garis lintang. Iklim tropis memiliki musim hujan dan kemarau, sedangkan subtropis bersifat kering sepanjang tahun.

Perbedaan Iklim Tropis dan Subtropis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis