Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu

Batu cat eye merupakan jenis batu yang cukup unik karena memiliki cahaya yang memantul dari permukaan batu membentuk garis lurus seperti mata kucing. Untuk itu perbedaan mata kucing asli dan yang palsu harus diketahui dengan baik untuk mencegah anda tertipu membeli dari bahan imitasi seperti kaca mapun plastik.


Banyak orang menyukai batu mata kucing ini disebabkan oleh sinar yang dipantulkan cukup unik, yaitu membentuk lintasan sepanjang batu seperti mata kucing di malam hari yang gelap gulita. Sehingga anda dapat menikmasi keindahan batu ini saat ada sinar yang meneranginya, anda tinggal menggerakan batu cincin dan anda akan melihat keindahan serta gemerlap sinar yang mempesona.

Ada juga jenis batu yang mirip dengan batu cat eye ini yaitu batu mata harimau atau disebut juga tiger eye. Perbedaan akan tampak saat anda menggerakkan batu dibawah sinar. Maka pada mata kucing sinar akan terlihat dalam satu garis tipis, tetapi pada mata harimau akan terlihat pada keseluruhan permukaan batu.

Perbedaan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu

Setelah melihat ciri serta karakteristik batu cat eye maka saat ini kita akan menyimpulkan tentang cara membedakan mata kucing asli dan yang palsu agar mudah difahami oleh anda yang baru saja bergelut dalam dunia batu akik ini.

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah meyiapkan kamera yang memiliki resolusi tinggi, jika tidak ada maka anda boleh menggunakan kamera handphone atau lainnya. Lakukan pengetesan ini di siang hari karena kita akan menggunakan sinar matahari untuk melihat perbedaan pantulan dari batu yang asli atau palsu.

Bawa batu mata kucing yang anda miliki dibawah sinar matahari (sebaiknya dilakukan saat matahari terik). Kemudian perhatikan bentuk garis yang terlihat pada permukaan batu mulia tersebut untuk dijadikan bahan pembanding. Setelah anda melihatnya, maka segera potret pada keseluruhan batu dan simpan hasil fotonya.

Lihatlah foto dan bandingkan dengan apa yang anda lihat secara langsung tanpa kamera. Jika cat eye memiliki bentuk garis yang tipis maka batu mata kucing tersebut adalah asli. Sebaliknya jika bentuk garis yang ada di foto berubah menjadi lebih besar atau lebih lebar maka batu mata kucing tersebut adalah palsu.

Sinar matahari digunakan pada pengetesan keaslian batu mata kucing ini karena sinar matahari memancarkan warna yang lengkap seperti infra merah dan ultra violet yang terkandung di dalam sinar matahari. Sinar yang lengkap membentuk pantulan warna aslinya jika ditujukan ke permukaan batu alam. Tapi tampilan akan berubah jika ditujukan ke batu pasakan atau tiruan dari kaca dan plastik sintetis.

Perbedaan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis