Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Jas dan Blazer

Dunia fashion selalu dipenuhi dengan berbagai model baju dan celana pilihan dari perancang busana ternama bahkan kelas dunia. Salah satu yang harus kita ketahui adalah perbedaan antara jas dengan blazer yang mungkin untuk anda yang jarang sekali bergelut di dunia busana akan mengerutkan dahi saat membedakannya.


Sebenarnya bila kita mengetahui pengertian dan penggunaan jas dan blazer maka sangat mudah untuk mengetahui letak perbedaannya secara jelas. Oleh karena itu kita akan bahas sedikit mengenai arti serta asal usul keduanya sehingga anda mendapat gambaran yang lebih baik, untuk itu kita simak saja penjelasan berikut.

Jas

Pengertian jas adalah suatu pakaian resmi dengan model dari Eropa yang memiliki lengan panjang dan biasa digunakan diluar kemeja. Adapun yang dimaksud setelan jas umumnya terdiri dari sebuah jas dan celana panjang yang dibuat dari bahan dan warna kain yang sama. Jika dilihat dari jumlah baris kancing pada bagian depan maka jas dapat digolongkan menjadi jas kancing sebaris dan jas kancing dua baris.

Dalam bahasa Inggris, istilah jacket juga mengacu kepada lounge suit atau jas malam, dan bukan pengertian jaket dalam bahasa Indonesia yaitu jaket olahraga atau jaket kulit. Jas launs adalah model jas standar yang paling umum, dulunya berasal dari Inggris sebagai pakaian untuk berkegiatan di alam bebas. Bila hanya disebut jas, maka jas yang dimaksudkan adalah setelan jas model standar lengkap dengan kemeja dan dasi, dan biasanya dipakai pria bekerja di kantor.

Variasi desain jas, model, dan jenis kain menunjukkan fungsi sosial dan kegunaan pakaian. Sejak dulu hingga sekarang, jas umumnya dipakai sewaktu mengenakan kemeja berkerah dan dasi. Ketika ingin membuat jas, orang datang ke tailor untuk diukur, memilih bahan, dan menentukan model. Namun sejak era industri, banyak jas yang diproduksi massal dalam berbagai ukuran dan dijual sebagai pakaian jadi.

Blazer

Pengertian blazer adalah sejenis jas santai yang digunakan oleh pria maupun wanita, walaupun santai tapi tetap terlihat rapi. Sebuah blazer memiliki bentuk yang menyerupai jas dengan potongan yang agak santai. Bahan untuk membuat blazer biasanya tahan lama, karena merupakan jaket yang sering dipakai di luar ruangan.

Pada prakteknya blazer sering dijadikan sebagai pakaian seragam, misalnya untuk sekolah, universitas, dan olahraga yang di bagian saku depan sering diberi lambang dari sekolah atau organisasi tertentu. Dalam bahasa Indonesia istilah blazer hanya mengacu kepada sejenis jas untuk wanita yang dipakai di luar blus atau kemeja dengan bawahan berupa rok, kulot, atau dapat juga dengan celana panjang.

Blazer belakangan ini semakin diminati di kalangan anak muda, mungkin disebabkan oleh adanya rasa jenuh terhadap penampilan yang resmi. Sehingga kita sering melihat blazer digunakan untuk seragam kuliah atau sekolah. Dengan bawahan jeans atau celana chino dengan warna yang tak senada dengan atasan blazer, dan juga memakai kaos atau kemeja yang tidak terlihat terlalu resmi.

Perbedaan Jas dan Blazer

Setelah menjelaskan mengenai jas dengan blazer maka kita dapat simpulkan perbedaannya yaitu jas digunakan bersama setelannya, yaitu kemeja dan dasi serta digunakan dalam acara-acara formal atau resmi. Sedangkan blazer sering digunakan oleh anak muda sebagai alternatif untuk mengisi gaya santai mereka.

Tidak seperti jas yang memerlukan setelan saat digunakan, blazer biasa digunakan tanpa kemeja ataupun dasi. Dengan begitu blazer dapat digunakan sesuai gaya dan keinginan anda. Bahkan blazer tetap pantas jika digunakan dengan hanya memakai kaos dan celana pendek saja. Warna celana pada jas harus sama dengan warna jas, sedangkan pada blazer warna celana tidak harus sama dengan blazernya.

Perbedaan Jas dan Blazer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis