Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Kue dan Roti

Hidangan enak saat bersantai dengan keluarga ialah saat disajikan kue dan roti beserta teh manis hangat yang menyegarkan. Namun apakah anda tahu tentang perbedaan antara kue dengan roti sehingga kedua jenis makanan ini benar-benar berbeda dari bahan yang dibutuhkan, proses pembuatan, hingga hasil akhirnya.


Bagi anda yang sedang belajar membuat kue maka yang pertama kali anda cari adalah resep yang bagus. Selain itu anda harus memilih apakah anda akan membuat kue atau mungkin ingin mencoba membuat roti yang empuk dengan isi coklat yang manis. Untuk itu artikel kali ini akan membahas satu per satu letak perbedaan kue maupun roti yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

Perbedaan Kue dan Roti

Dalam suatu hidangan makan maka kue ditempatkan sebagai makanan penutup yang bisa saja anda selingi dengan es krim atau makanan penutup lain yang sejenis. Sedangkan roti tergolong kedalam makanan utama yang mengenyangkan sehingga dapat disajikan bersama soup atau makanan utama yang sejenis.

Jika anda lihat dari sisi tekstur maka akan terasa bahwa tektur kue lebih lembut baik diluar maupun saat dimulut, sedangkan tekstur roti terasa lebih kasar sehingga mampu mengenyangkan. Hal ini menjadi pembeda juga dalam hal proses pembuatan sehingga dihasilkan tekstur yang sesuai dengan tujuan pembuatan.

Baca juga: Perbedaan Margarin dan Mentega

Komposisi dasar dalam pembuatan roti dengan kue pada umumnya adalah sama saja. Yang membedakan diantara keduanya ialah pengembang makanan yang digunakan dalam proses pembuatan. Untuk pengembang kue maka anda bisa menggunakan pengembang seperti baking powder atau baking soda. Namun jika anda akan membuat roti maka gunakan pengembang yeast atau disebut ragi roti.

Dalam proses pembuatan tentu berbeda karena untuk membuat kue anda dapat menggunakan cara dipanggang atau bisa juga dikukus, sedangkan saat membuat kue maka yang dapat anda lakukan ialah dengan cara memanggangnya dengan temperatur tertentu sehingga roti yang anda buat matang dengan baik.

Jadi demikian yang dapat kita simpulkan mengenai perbedaan kue dengan roti, sebenarnya apapun yang anda akan buat jika dimasak dengan penuh cinta maka akan menghasilkan hidangan yang nikmat untuk orang-orang yang anda sayangi.

Perbedaan Kue dan Roti Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis