Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Kalimaya Asli dan Palsu

Batu kalimaya merupakan salah satu batu akik yang terkenal di kalangan kolektor batu nusantara. Batu kalimaya banyak ditemukan di sekitar daerah maja kabupaten lebak, provinsi Banten - Jawa Barat. Seiring dengan tingginya minat masyarakat akan batu ini sehingga banyak orang yang mencoba membuat tiruan sintetis.


Untuk itu perlu kiranya kita mengetahui apa perbedaan batu kalimaya asli dan palsu secara gamblang. Karena pada saat ini harga batu kalimaya cukup tinggi berkisar Rp. 300.000 hingga puluhan bahkan ratuusan juta rupiah. Sehingga dengan mengetahui apa ciri-ciri batu kalimaya yang asli dan palsu, maka harga yang anda bayarkan sebanding dengan kualitas batu dan keasliannya.

Baca juga: Perbedaan Batu Bacan Asli dan Palsu

Jenis-jenis batu kalimaya diantaranya adalah kalimaya banten, susu, black oval, australia, teh, afrika, pelangi, india, kristal, dan lainnya. Setiap jenis batu kalimaya tersebut memiliki ciri khas daya tarik masing-masing. Salah satu ciri khas dari kalimaya ini ialah warna yang beraneka ragam bertaburan di permukaan batu sehingga menghasilkan nuansa mewah bagi yang melihatnya.

Para kolektor sangat menyukai gemerlap cahaya yang ditimbulkan dari dalam batu kalimaya banten atau jenis lainnya. Kalimaya banten memiliki warna yang lebih bening sehingga ada juga yang hampir transparan. Apapun jenis batu akik yang anda pilih, maka batu kalimaya akan menghasilkan sensasi alami menawan hati.

Perbedaan Batu Kalimaya Asli dan Palsu

Cara membedakan batu kalimaya asli dan palsu diantaranya dengan melihat warna batu, kalimaya yang asli memancarkan berbagai macam warna dari dalam batu tetapi warna tersebut tidaklah mencolok. Berbeda dengan batu kalimaya tiruan yang memiliki warna pancaran dari dalam yang lebih mencolok.

Saat dilakukan pembakaran menggunakan korek api maka batu kalimaya asli akan cepat dingin, berbeda dengan batu kalimaya palsu maka permukaan yang dibakar akan tetap terasa panas.

Anda juga dapat menggunakan cat untuk mengetahui keasliannya, batu kalimaya dikatakan asli jika saat diusap atau dibersihkan maka tidak akan terlihat bekas atau bersih kembali. Sedangkan kalimaya palsu atau tiruan maka setelah dibersihkan dari noda cat akan tetap meninggalkan bekas dan sulit untuk dibersihkan.

Terakhir anda dapat memperhatikan serat batu kalimaya dengan cara menyalakan lampu senter yang ditujukan ke arah batu. Jika batu tersebut kalimaya asli maka akan terlihat serat batu yang tampak jelas. Sedangkan kalimaya sintetis tidak memiliki serat sama sekali sehingga batu akan terlihat sangat bening.

Namun perbedaan batu kalimaya asli dengan batu kalimaya palsu diatas harus dipelajari terus menerus dan seiring perjalanan waktu maka secara naluri anda dapat merasakan sendiri keasliannya.

Perbedaan Batu Kalimaya Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis