Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Bacan Asli dan Palsu

Cara membedakan antara batu bacan asli dengan yang palsu harus anda pelajari sebelum membeli batu akik yang indah ini. Penyebab banyaknya bacan palsu yang beredar di pasaran adalah tingginya minat masyarakat terhadap batu bacan untuk dibuat cincin atau liontin, sehingga memicu para pengrajin dan pedagang nakal untuk memanfaatkan keadaan dengan menjual bacan palsu atau sintetis.


Bagi para kolektor yang sudah berpengalaman, maka untuk dapat membedakan batu bacan asli dan batu bacan palsu merupakan hal yang mudah. Mereka hanya melihat warna dan bentuknya saja, sudah langsung mengetahui mana yang benar-benar batu bacan dan mana yang imitasi. Namun bagi Anda para pemula yang sedang mencicipi manisnya menjadi kolektor batu maka diperlukan panduan untuk membekali diri dalam perburuan batu akik ini.

Perbedaan Batu Bacan Asli dan Palsu

Untuk menguji apakah batu bacan yang kita beli asli atau palsu maka kita dapat melakukan hal sederhana yang biasa dilakukan juga oleh para kolektor permata yaitu dengan menggoreskan batu bacan pada kaca atau cermin. Batu bacan asli dapat menggores kaca dengan tingkat kekerasan 7 skala mohs, namun jika batu tersebut palsu maka tidak akan terlihat bekas goresan di kaca atau cermin.

Cara lain yang dapat digunakan ialah dengan melihat batu bacan menggunakan kaca pembesar. Jika batu bacan itu asli maka ketika dilihat menggunakan kaca pembesar lalu disinari lampu senter maka akan terlihat berupa kotoran atau serat didalamnya. Namun kadang beberapa batu tidak terlihat jelas, minimal ada semacam bercak walaupun hanya sedikit. Jika saat disenter dengan kaca pembesar terlihat mulus tanpa noda sedikitpun maka dapat dipastikan batu akik tersebut adalah bacan palsu atau sintetis.

Baca juga : Perbedaan Batu Bacan Doko dan Palamea

Ada juga cara untuk melihat perbedaan batu bacan asli dan batu bacan palsu yaitu dengan memanaskan batu dengan api. Pada bacan asli maka setelah dipanaskan akan keluar minyak, namun setelah dilap dengan kain maka akan segera mengkilap seperti semula. Sedangkan yang bacan sintetis setelah dilap dengan kain akan tetap meninggalkan bekas sehingga warnanya mejadi kusam.

Untuk lebih memastikan keasliannya maka tidak ada cara lain selain menguji tingkat kekerasan batu tersebut di laboraturium terdekat. Dapat juga menggunakan alat test yaitu Diamond Selector yang akan menunjukan tingkat keslian batu akik dengan lebih akurat. Jadi saya berharap semoga artikel ini dapat memberi sedikit informasi bagi anda para pembaca, khususnya bagi anda yang memiliki hobi berburu batu bacan yang indah menawan hati ini.

Perbedaan Batu Bacan Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis