Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Virus dan Bakteri

Virus dan bakteri yang ada di sekeliling kita memiliki fungsi, karakteristik, pola hidup masing-masing, sehingga sulit sekali kita tidak bersinggungan dengan keduanya. Bahkan didalam tubuh kitapun dipenuhi dengan bakteri baik maupun bakteri jahat. Untuk lebih jelasnya marilah kita berusaha mencari titik terang mengenai apa perbedaan antara virus dengan bakteri menurut para ahli.


Virus

Pengertian virus adalah suatu parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Istilah virus merujuk pada partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota.

Genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya.

Virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya.

Virus bersifat parasit obligat, hal ini terjadi karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

Bakteri

Bakteri adalah suatu kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil, serta memiliki peran besar dalam kehidupan di muka bumi.

Biasanya bakteri berukuran 0,5-5 μm, tetapi ada bakteri tertentu yang dapat berdiameter hingga 700 μm. Mereka umumnya memiliki dinding sel, seperti sel tumbuhan dan jamur, tetapi dengan bahan pembentuk sangat berbeda.

Bakteri dapat ditemukan di tanah, air, udara, dalam simbiosis dengan organisme lain maupun sebagai agen parasit, bahkan dalam tubuh manusia. Beberapa jenis bakteri bersifat motil dan mobilitasnya ini disebabkan oleh flagel.

Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang lebih kompleks.

Perbedaan Virus dan Bakteri

Virus merupakan mikro organisme parasit yang hidupnya menumpang di sel induk tempat dia menetap dan tumbuh berkembang biak, sedangkan bakteri merupakan organisme yang hidup dan dapat kita temukan dimana-mana.

Virus membutuhkan bantuan dari sel induk tempat dia tinggal, sedangkan bakteri memiliki kemampuan untuk dapat mengembangbiakkan dirinya sendiri.

Infeksi yang disebabkan oleh virus dapat secara mendadak mengalami gejala infeksi yang cukup tinggi, sedangkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri serangannya lebih bersifat stabil dan jelas proses penyembuhannya.

Semua virus sangat merugikan, sedangkan bakteri terbagi menjadi bakteri baik yang dibutuhkan dan ada juga bakteri jahat yang akan mengganggu tubuh kita.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan virus dengan bakteri yang dapat saya sampaikan secara ringkas, saya berharap semoga dapat menambah pengetahuan para pembaca dan membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah.

Perbedaan Virus dan Bakteri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis