Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Dalam hidup seseorang akan selalu dihadapkan dengan berbagai keperluan yang harus dipenuhi, apakah itu sesuatu yang penting ataupun tidak terlalu penting. Untuk itu fahamilah apa perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan agar kita tidak salah jalan.


Kebutuhan

Pengertian kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang, yang apabila tidak bisa terpenuhi maka dapat mengganggu kelangsungan hidup orang tersebut.

Selama hidup manusia membutuhkan berbagai macam kebutuhan, dan kebutuhan tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor budaya, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat maka semakin banyak pula macam kebutuhan yang harus mereka penuhi dengan segera.

Ada 3 macam jenis kebutuhan yaitu primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang sangat mendasar atau kebutuhan pokok. Contoh kebutuhan primer adalah pangan (makanan), sandang (pakaian), dan papan (rumah).

Keinginan

Pengertian keinginan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang, dan apabila tidak terpenuhi tidak mempengaruhi kehidupan orang tersebut.

Dengan kata lain keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia dapat merasa lebih baik. Namun bila keinginan tersebut tidak terpenuhi maka sebenarnya kesejahteraannya tidak berkurang.

Keinginan seringkali merupakan perwujudan untuk menegaskan status sosial seseorang sekaligus membuktikan kepada orang lain bahwa dia mampu untuk memiliki sesuatu tersebut.

Contoh keinginan adalah membeli mobil baru, berenang di hawai, menjadi gubernur, makan di restoran mewah, menikah dengan gadis cantik jelita, kerja di perusahaan besar, jalan-jalan ke luar negeri tiap tahun, dan keinginan lain yang belum tercapai.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan adalah fungsi dasar atas sesuatu yang secara esensial diperlukan, sedangkan keinginan adalah semua fungsi tambahan yang jika tidak ada sebenarnya tidak mengganggu hidup anda.

Kebutuhan itu sesuatu yang harus segera dipenuhi, sedangkan keinginan adalah sesuatu yang tidak harus segera dipenuhi.

Kebutuhan merupakan hal-hal dasar seperti makan, sedangkan keinginan adalah hal tambahan seperti makan di restoran mewah.

Demikianlah perbedaan kebutuhan dengan keinginan yang bisa sedikit saya jelaskan dalam artikel kali ini. Saya hanya berharap agar tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk pembaca semua.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia