Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Candi Hindu dan Budha

Candi merupakan salah satu bangunan peninggalan nenek moyang kita yang memiliki arti sejarah dan dapat menjelaskan tentang budaya, agama, serta peradaban yang ada di masa itu. Perbedaan antara candi hindu dan candi budha akan memberikan kita gambaran lebih baik lagi mengenai dua tempat keagamaan dari agama masyarakat Indonesia mayoritas pada masa tersebut.


Pengertian candi adalah sebuah bangunan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban agama Hindu dan Budha. Candi biasa digunakan oleh masyarakat untuk tempat pemujaan dewa dewi atau Budha. Namun nama candi bukan saja dipakai untuk nama sebuah tempat ibadah saja, karena situs-situs purbakala yang tidak ada hubungannya dengan agama pun dinamakan candi, seperti istana, tempat pemandian, gapura, dan bangunan kuno lainnya.

Arsitektur candi dibuat dengan sentuhan seni luar biasa hingga seyiap orang yang datang melihatnya merasatakjub akan ukiran dan seni pahat lainnya. Kebanyakan candi di Indonesia memiliki ukiran dan pahatan berupa pola hias yang disesuaikan dengan alam Gunung Mahameru. Melalui relief atau gambar-gambar disekitar candi terlihat pesan keagamaan yang disampaikan di setiap lekuk pahatan tersebut.

Salah satu candi besar dan megah yang masih terawat hingga hari ini adalah Candi Borobudur yang terletak di kota Jogjakarta. Setiap sisi bangunan dipenuhi relief yang memiliki cita rasa seni tinggi dan pastinya dibuat oleh seniman berbakat tanah air pada zaman itu. Hal ini membuktikan bahwa pada zaman peradaban Hindu - Budha telah dikenal teknologi arsitektur yang maju pada zamannya.

Candi Hindu

Candi hindu adalah candi yang dibangun untuk memuliakan dewa dan dewi Hindu seperti Siwa, Wisnu, Rudra, Saraswati, Khresna, dan dewa lainnya. Contoh candi Hindu yang ada di Indonesia adalah Candi Prambanan di Jogjakarta, Candi Gedong Songo di Semarang, Candi Cangkuang di Garut- Jawa Barat, Candi Dieng di dataran tinggi Dieng, Candi Panataran di Blitar, dan candi hindu lainnya.

Candi Budha

Candi budha adalah candi yang memiliki fungsi untuk memuliakan Buddha atau keperluan para bhiksu sanggha. Contoh candi Budha yang ada di Indonesia adalah Candi Borobudur di Magelang - Jawa Tengah, Candi Sewu di Klaten - Jawa Tengah, Candi Mendut di Magelang - Jawa Tengah, Candi Sanggrahan di Tulungagung - Jawa Timur, Candi Jago di kota Malang, dan candi budha lainnya.

Perbedaan Candi Hindu dan Budha

Pada puncak candi hindu terdapat bentuk ratna, sedangkan pada puncak candi budha terdapat bentuk stupa. Candi hindu terdapat arca dewa trimurti, sedangkan candi budha terdapat arca budha. Candi hindu lebih sering menggunakan relief untuk menggambarkan cerita Ramayana dan Krisnayana, sedangkan candi budha cerita yang ditampilkan adalah Lelitavistara dan Avadana atau Jataka.

Perbedaan lainnya adalah bangunan candi hindu terdiri dari bhurloka melambangkan dunia fana, bhurvaloka melambangkan dunia pembersih atau pemurnian, svarloka melambangkan dunia para dewa. Sedangkan candi budha terdiri dari kamadhatu melambangkan kehidupan manusia yang penuh dosa, rupadhatu melambangkan kehidupan manusia di dunia yang hanya mementingkan nafsu, arupadhatu melambangkan manusia sudah mencapai nirwana.

Perbedaan Candi Hindu dan Budha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis