Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Onyx Asli dan Palsu

Mungkin anda pernah mendengar tentang keindahan batu onyx atau biasa disebut juga dengan nama lain yaitu batu oniks. Batu mulia ini memiliki banyak warna, namun yang paling banyak kita temui di pasaran adalah warna hitam yang sinarnya memancarkan kemilau begitu indah. Untuk anda yang ingin membelinya maka perbedaan batu onyx asli dengan yang palsu harus anda fahami terlebih dahulu.


Batu onyx tergolong batuan kuarsa yang memiliki tiga warna utama yaitu hitam, merah (karneol onyx), dan merah tua (sardonyx). Tingkat kekerasan batu oniks adalah 7 skala Mohs, namun yang perlu anda perhatikan dalam hal perawatan batu onyx adalah batu ini mudah sekali tergores jika berbenturan dengan benda lain.

Pada umumnya warna batu onyx dihasilkan melalui proses pemanasan alami dan bisa juga dengan proses kimia buatan. Hal ini sangat menyulitkan kita untuk membedakan mana yang alami dan mana juga yang tidak alami. Manfaat batu onyx asli adalah untuk menjaga kesetabilan emosi serta dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit fisik maupun penyakit mental.

Cara merawat batu onyx asli sangatlah mudah, yaitu anda tinggal membersihkan batu dengan menggunakan sikat yang lembut (anda dapat menggunakan sikat gigi) dan air sabun hangat. Bersihkan bagian permukaan batu serta ikat cincin, terutama bagian ikat yang menempel langsung pada batu. Jika tidak anda bersihkan dengan baik maka akan timbul karat disekitar ikat cincin atau liontin kesayangan tersebut.

Perbedaan Batu Onyx Asli dan Palsu

Perbedaan akan mudah diketahui jika kita mengetahui ciri ciri batu onyx asli, diantaranya ialah jika batu akik ini dipanaskan atau dibakar maka akan cepat dingin. Namun sebaliknya jika batu anda bakar dan terasa panas tidak segera hilang maka kemungkinan batu onyx anda palsu, pasakan, atau imitasi.

Ciri lain yang perlu diperhatikan dengan seksama ialah warna permukaan batu. Jika setelah dibakar, batu tidak mengalami perubahan warna sedikitpun maka batu onik tersebut adalah onyx asli. Sedangkan jika batu ini dibakar dan warnanya berubah, maka sudah dapat anda pastikan bahwa batu onyx tersebut adalah palsu.

Perbedaan Batu Onyx Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis