Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Harimau dan Macan

Binatang buas sangat menyeramkan apalagi jika kita sedang berada di dalam hutan rimba sehingga hewan tersebut siap menerkam mangsanya. Artikel kali ini akan berbicara mengenai apa yang menjadi perbedaan antara harimau dengan macan dilihat dari kulit, totol bulunya, postur tubuh, karakter, serta ciri-ciri lain yang bisa dengan mudah kita dapat membedakan kedua kucing besar tersebut.

Harimau


Harimau adalah hewan mamalia yang memiliki saraf tulang belakang, bertulang belakang, berdarah panas, berbulu dengan kelenjar susu, pemakan daging, keluarga kucing, genus panthera, dan tergolong dalam spesies tigris.

Harimau adalah jenis kucing terbesar dari spesies kucing lainnya dan menjadi kucing tercepat kedua setelah citah. Kecepatan lari harimau dapat menembus jarak 60 km per jam dengan berlari jarak pendek. Harimau juga bisa melompat sejauh 6 meter dan hingga di ketinggian sekitar 5 meter. Harimau adalah perenang yang hebat dan mereka senang bermain air ketika usianya masih muda.

Harimau membunuh mangsanya dengan mencekik leher sehingga kehilangan darah. Jika arteri mangsa telah menjadi putus, maka mangsa tersebut akan langsung mati dalam beberapa detik saja. Jika harimau melihat mangsanya masih hidup maka akan menggigit dan membawanya pergi hingga mangsa itu mati.

Makanan harimau di alam liar biasanya memburu mangsa yang sedikit besar seperti rusa sambar, kijang, babi, kancil, tetapi akan memburu hewan kecil seperti landak apabila mangsa yang agak besar pada saat itu tidak tersedia.

Macan


Macan adalah salah satu jenis dari empat kucing besar yang dikenal juga dengan nama macan dahan karena kemampuannya dalam memanjat pohon. Macan tutul jawa adalah fauna identitas Jawa Barat dan termasuk hewan yang terancam punah.

Macan memiliki ukuran cukup besar dengan panjang tubuh sekitar satu hingga dua meter. Bulu macan berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik berwarna hitam, namun bintik hitam yang berada di sekitar kepalanya berukuran lebih kecil.

Sifat yang dimiliki macan tutul adalah senang menyendiri sehingga macan saling menghindar satu sama lain. Pada saat malam maka macan menjadi lebih aktif dan lebih agresif. Macan betina pada umumnya memiliki satu hingga dua anak saja dan tinggal bersama induknya hingga anak macan berumur 1,5 tahun hingga 2 tahun.

Macan adalah hewan buas yang menggunakan semua kesempatan untuk menerkam mangsanya. Macan memakan hampir semua jenis mangsa dengan berbagai ukuran baik mangsa berukuran kecil maupun besar. Mangsa utama macan adalah hewan menyusui, binatang pengerat, ikan, burung, dan monyet.

Perbedaan Harimau dan Macan

Setelah melihat beberapa penjelasan singkat diatas maka kita dapat mengambil kesimpulan tetang perbedaan kedua binatang karnivora besar ini yaitu harimau merupakan salah satu spesies dari kelompok kucing berukuran besar, sedangkan macan merupakan termasuk spesies dari kelompok kucing sedang.

Corak bulu harimau adalah loreng loreng, sedangkan bulu macan bercorak tutul dengan badan yang ramping dan ekor yang cukup panjang. Contoh jenis harimau adalah harimau bali, harimau jawa, dan harimau sumatra. Sedangkan contoh jenis macan yang dikenal adalah macan tutul, macan kumbang, dan macan dahan.

Perbedaan Harimau dan Macan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis