Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Blue Safir Asli dan Palsu

Batu blue safir asli sejak lama telah menjadi salah satu batu permata yang sangat dikagumi para kolektor akan keindahan warna yang dipantulkannya. Apalagi jika dipadukan dengan ikat cincin yang memiliki sentuhan seni yang istimewa, maka akan menghasilkan perhiasan indah dengan cita rasa yang berkelas.


Namun dengan maraknya aksi penipuan batu imitasi yang terbuat dari bahan sintetis, baik produk dalam negeri maupun china maka penting kiranya anda untuk dapat mengetahui apa yang menjadi perbedaan batu blue safir asli dengan batu blue safir palsu.

Batu safir adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida, suatu mineral yang dikenal sebagai korundum (termasuk aluminium murni). Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi. Sejumlah kecil unsur besi, titanium, dan kromium dalam safir akan memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan. Adapun batu safir yang memiliki warna merah jenuh penuh biasa dikenal dengan nama batu rubi.

Perbedaan Batu Blue Safir Asli dan Palsu

Cara membedakan batu blue safir asli dengan yang palsu diantaranya adalah dengan mengukur berat batu. Berat dari batu blue safir asli dengan ukuran yang sama akan memiliki berat yang lebih besar dibandingkan batu safir palsu. Sebaiknya anda mengetahui standar berat batu dengan ukuran volume tersebut.

Selain berat maka anda juga dapat memperhatikan guratan putih yang terdapat pada batu safir. Jika batu tersebut asli maka tampak guratannya tidak simetris karena guratan terbuat dari pembetukan alami. Sedangkan batu blue safir palsu maka tampak guratan batu akan terlihat sangat rapi seperti yang digaris dengan penggaris.

Cara mengecek guratan batu maka anda juga dapat gunakan kaca pembesar dengan minimal 10x pembesaran. Batu safir asli akan terlihat guratan saat menggunakan kaca pembesar, sedangkan safir imitasi seringkali guratannya bisa dilihat tanpa kaca pembesar.

Warna batu blue sapir asli memiliki warna yang sangat alami, yaitu tidak terlalu biru atau terlalu putih. Untuk mengetahui perbedaan batu asli dan palsu dengan cara melihat warna ini maka anda perlu pengalaman dan memahami perpaduan warna alami dan sintesis.

Untuk lebih meyakinkan anda tentang perbedaan antara batu blue safir asli dengan yang palsu maka tanyakanlah kepada seorang yang ahli dalam batu permata ini. Karena semakin canggihnya teknologi yang digunakan dalam pembuatan batu permata imitasi maka akan semakin sulit bagi kita untuk dapat membedakannya.

Perbedaan Batu Blue Safir Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis