Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Monera dan Protista

Pada artikel kali ini kita akan kembali ke ilmu biologi yang akan membicarakan tentang apa perbedaan monera dengan protista jika dilihat dari pengertian, ukuran, inti sejati, dan lainnya.


Monera

Pengertian monera adalah salah satu kingdom dalam klasifikasi biologi sistem lima-kingdom, yang sekarang sudah tidak dipakai lagi. Anggota kingdom Monera meliputi makhluk hidup yang terdiri atas satu sel (uniselular), sesuai dengan asal kata dari bahasa Yunani, moneres yang berarti tunggal.

Sebagian besar anggota Monera adalah prokariotik, artinya memiliki nucleus inti sel atau organel tetapi tidak memilik membran (selaput) inti sel, seperti mitokondria, kloroplas, dan badan Golgi. Dinding selnya terbuat dari peptidoglikan yang tahan terhadap tekanan osmotik hingga 25 kali tekanan atmosfer. Oleh sebab itu, nama lain Monera adalah Prokaryota atau Prokaryotae. Sedang organisme yang sudah memiliki membran inti disebut eukariotik.

Cara reproduksi monera dapat berlangsung secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dilakukan dengan cara pembelahan biner (binery fision), fragmentasi atau spora. Reproduksi secara seksual adalah dengan cara konjugasi, transduksi maupun transformasi. Kingdom ini dibagi menjadi dua divisi yaitu Bacteria (atau Schizomycetes) dan Cyanophyta atau alga hijau-biru.

Pengelompokan ini sekarang tidak digunakan lagi, setelah berbagai temuan menunjukkan bahwa Cyanophyta sekarang ini lebih tepat dianggap sebagai bakteria dan dinamakan sebagai Cyanobacteria.

Protista

Pengertian protista adalah mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan, atau fungus. Mereka pernah dikelompokkan ke dalam satu kerajaan bernama Protista, namun sekarang tidak dipertahankan lagi. Penggunaannya masih digunakan untuk kepentingan kajian ekologi dan morfologi bagi semua organisme eukariotik bersel tunggal yang hidup secara mandiri atau, jika membentuk koloni, bersama-sama namun tidak menunjukkan diferensiasi menjadi jaringan yang berbeda-beda.

Dari sudut pandang taksonomi, pengelompokan ini ditinggalkan karena bersifat parafiletik. Organisme dalam Protista tidak memiliki kesamaan, kecuali pengelompokan yang mudah baik yang bersel satu atau bersel banyak tanpa memiliki jaringan. Protista hidup di hampir semua lingkungan yang mengandung air.

Banyak protista, seperti algae, adalah fotosintetik dan produsen primer vital dalam ekosistem, khususnya di laut sebagai bagian dari plankton. Protista lain, seperti Kinetoplastid dan Apicomplexa, adalah penyakit berbahaya bagi manusia, seperti malaria dan tripanosomiasis.

Perbedaan Monera dan Protista

Monera tidak memiliki inti sejati, sedangkan protista memiliki inti terikat dalam membran inti mereka sendiri. Protista lebih organisatoris kompleks daripada monera. Monera tidak memiliki fitur tambahan organel, sedangkan protista memiliki organel.

Ukuran monera pada umumnya lebih kecil daripada protista. Protista memiliki membran yang mengelilingi inti sel sedangkan monera tidak punya. Monera tidak bisa membuat makanan sendiri, sedangkan protista dapat membuat makanan sendiri.

Monera membelah secara amitosis, sedangkan protista membelah secara mitosis. Monera tidak mempunyai membran inti sel, sedangkan protista memiliki membran inti sel.

Baca juga : Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Organela pada monera masih sederhana belum dpat dbedakan antara mitokondria, badan golgi, dll. Sedangkan organella pada protista sudah kompleks, dan masing2 organella sudah memiliki membran berlapis ganda.

Sedangkan persamaan yang dimiliki oleh monera dan protista adalah sama-sama memiliki tubuh yang tersusun atas satu sel atau banyak sel, dan memiliki anggota ganggang.

Perbedaan Monera dan Protista Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis