Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan pembelahan sel secara mitosis dengan meiosis yang akan diterangkan dengan sedikit terperinci. Untuk menjelaskan kedua pembelahan sel ini, maka terlebih dahulu kita bahas definisinya masing-masing.


Mitosis

Pengertian mitosis adalah proses pembagian genom yang telah digandakan oleh sel ke dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel. Mitosis umumnya diikuti sitokinesis yang membagi sitoplasma dan membran sel.

Proses ini menghasilkan dua sel anak yang identik, yang memiliki distribusi organel dan komponen sel yang nyaris sama. Mitosis dan sitokenesis merupakan fase mitosis (fase M) pada siklus sel, di mana sel awal terbagi menjadi dua sel anakan yang memiliki genetik yang sama dengan sel awal.

Mitosis terjadi hanya pada sel eukariot. Pada organisme multisel, sel somatik mengalami mitosis, sedangkan sel kelamin membelah diri melalui proses yang berbeda yang disebut meiosis. Sel prokariot yang tidak memiliki nukleus menjalani pembelahan biner.

Setelah penggandaan, tiap kromosom memiliki kopi identik (sister kromatid), yang berlekatan pada daerah kromosom (sentromer). Sister kromatid itu sendiri tidak dianggap sebagai kromosom.

Meiosis

Pengertian meiosis adalah suatu proses reproduksi sel yang sel keturunannya mewarisi separuh jumlah kromosom induknya, mengandung kromosom 2n, maka sel yang dihasilkan dari reproduksinya adalah mewarisi n kromosom.

Ciri-ciri pembelahan sel yang terjadi secara meiosis adalah terjadi di sel kelamin, jumlah sel anaknya empat, jumlah kromosen setengah dari induknya, dan pembelahan terjadi dua kali.

Meiosis hanya terjadi pada fase reproduksi seksual (jaringan nuftah). Pada meiosis, terjadi perpasangan dari kromosom homolog serta pengurangan jumlah kromosom induk terhadap sel anak.

Pada manusia dan hewan, meiosis terjadi di dalam gonad dan menghasilkan sel gamet seperti spermatosit atau sel telur. Pada tumbuhan, meiosis terjadi pada anthers dan ovaries, menghasilkan meiospor yang perlahan terdiferensiasi menjadi sel gamet juga.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Mitosis terjadi pada semua sel tubuh (autosom) yang sedang memperbanyak diri, sedangkan meiosis hanya terjadi pada sel gonad pada saat pembentukan gamet.

Mitosis hanya terdapat satu tahap pembelahan dalam satu siklus pembelahan sel, sedangkan meiosis terdapat dua tahap pembelahan, yaitu meiosis I dan meiosis II.

Mitosis tidak terdapat pasangan kromosom homolog, yang berpisah adalah kromatid-kromatid yang bergerak menuju kutub yang berbeda. Sedangkan meiosis terdapat pasangan kromosom homolog pada meiosis I, kemudian setiap anggota pasangan kromosom akan bermigrasi menuju kutub yang berbeda. pada meiosis II baru terjadi pemisahan kromatid seperti pada mitosis.

Mitosis tidak terjadi pertukaran segmen kromosom, sedangkan meiosis terjadi pindah silang antara kromosom homolog yang berpasangan.

Sel baru yang dihasilkan dari suatu mitosis akan mempunyai struktur genetik yang sama dengan sel awal. Sedangkan sel yang dihasilkan melalui proses meiosis akan mempunyai jumlah kromosom separuh dari sel semula.

Perbedaan lainnya ialah pada mitosis hasil akhir dari pembelahan satu sel adalah dua sel baru yang sama. Sedangkan pada meiosis hasil akhir dari pembelahan satu sel adalah empat sel baru yang mempunyai jumlah kromosom separuh dari sel induk.

Selain perbedaan yang telah disebutkan diatas, ternyata ada juga persamaan mitosis dan meiosis yaitu sama-sama memproduksi sel.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia