Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Jahit Perca dan Jahit Tindas

Kerajinan jahit menjahit telah membudaya dan populer dimasyarakat secara turun temurun, mulai dari pola sederhana hingga pola yang sangat rumit telah dikuasai dengan baik. Salah satunya ialah kreasi jahit perca dan jahit tindas yang apabila anda tekuni maka akan dihasilkan kerajinan yang layak dijual ke pasar lokal maupun mancanegara, dan bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Jahit Perca


Pengertian jahit perca adalah proses pembuatan kerajinan tekstil yang terbuat dari potongan kain (perca) yang digabungkan dengan cara dijahit sesuai dengan rencana. Adapun definisi perca sendiri adalah sisa-sisa guntingan kain yang ada setelah membuat pakaian atau karya kerajinan lainnya. Jahit perca dikenal dengan nama lain seperti jahit tambal seribu atau dalam bahasa inggris disebut patchwork.

Jahit perca memiliki beberapa jenis diantaranya jahit acak yaitu menggabungkan guntingan kain dengan bentuk dan ukuran potongannya tidak sama, kemudian guntingan tersebut dijahit sesuai dengan desain. Ada juga jenis jiplakan pola yaitu menggabungkan guntingan kain yang dipola terlebih dahulu, dan selanjutnya dijahit.

Selain itu ada juga jenis cara tumpang tindih yaitu menggabungkan guntingan kain yang di pola terlebih dahulu dengan cara meletakkan pola bagian tengah diatas kain telah disiapkan dan selanjutnya dijahit bagian tepinya, kemudian tindih dengan pola berikutnya dengan cara dijahit dari arah tengah ke tepi hingga semua selesai.

Cara jahit jelujur yaitu teknik yang digunakan untuk memberi kesan indah sehingga dapat diterapkan di semua jenis teknik jahit perca. Terakhir, jahit perca geomatris yaitu menggabungkan guntingan kain dengan bentuk pola geometris seperti segi tiga atau segi empat yang terukur dan selanjutnya dijahit sesuai desain.

Jahit Tindas


Pengertian jahit tindas adalah suatu kerajinan dengan teknik menghias permukaan kain dengan cara melapisi atau mengisi kain dengan bahan pelapis atau pengisi kemudian dijahit tindas pada permukaan kain sesuai dengan rencana awal.

Adapun jenis jahit tindas adalah jahit tindas pengisi lembaran yaitu teknik menjahit dengan cara mengisi atau melapisi diantara dua kain dengan bahan pelapis yang berupa lembaran, kemudian dijahit sesuai pola. Ada juga jahit tindas pengisi susulan yaitu teknik menjahit tindas datar tetapi pada bagian tertentu ditambahkan isian susulan seperti busa atau dakron untuk mendapatkan kesan menonjol.

Jenis lainnya ialah jahit tindas pengisi tali yaitu hampir mirip pengisi susulan namun berbeda bahan yang digunakan yaitu menggunakan tali. Pada tahap penyelesaian bisa dijahit menggunakan mesin ataupun tangan. Yang terakhir ialah jenis jahit tindas efek bayangan yang merupakan gabungan dari jahit tindas pengisi lembaran, susulan/tali hanya ada penambahan kain transparan pada permukaan kain.

Perbedaan Jahit Perca dan Jahit Tindas

Jahit perca merupakan teknik menjahit dengan menggunakan bahan sisa guntingan kain yang ada setelah membuat pakaian atau kerajinan tekstil lainnya. Sedangkan kerajinan jahit tindas merupakan teknik menghias permukaan kain dengan cara melapisi atau mengisi kain dengan bahan pelapis atau pengisi kemudian dijahit tindas pada permukaan kain sesuai dengan pola yang telah ditentukan.

Perbedaan Jahit Perca dan Jahit Tindas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia