Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina

Burung anis merah sangat dikenal dikalangan pecinta burung sebagai burung yang memiliki suara yang merdu. Kemerduan suara burung ini akan terdengar saat gacor hingga teler seperti orang mabuk minuman. Nama lain dari anis merah ialah anis bata, punglor merah, dan ada juga yang menyebutnya dengan punglor cacing. Dan untuk mengetahui bagaimana cara membedakan anis merah jantan dengan anis betina maka kita harus memahami terlebih dahulu ciri-ciri fisik dari keduanya.


Suara anis betina memang tidak seindah suara anis merah jantan, namun kicauan betina seolah seperti magnet yang bisa memancing sang jantan untuk mengerol gacor hingga teler. Namun bagi anda yang ingin memiliki anis yang cepat gacor, maka pilihan anda sebaiknya memilih anis merah berjenis kelamin jantan. Jadi sebelum berangkat ke pasar burung terdekat, coba anda perhatikan sifat dan karakteristik burung jantan dan betina dibawah ini, agar tidak keliru membeli.

Anis Merah Jantan

Ciri fisik yang paling mudah diketahui ialah ukuran tubuh, dimana tubuh anis merah jantan terlihat lebih panjang dan ramping, dengan bagian sayap yang seolah-olah mengepit dengan rapat. Bentuk kepala lebih lonjong dengan leher yang relatif lebih panjang daripada anis merah betina, selain itu jari-jari kaki juga terlihat lebih panjang. Pada bagian paruh maka relatif tebal dan jika diamatai dari pandangan atas maka akan terlihat lebih lancip dengan lubang hidung lebih lebar dan panjang.

Saat anda melihat bulu anis jantan maka akan nampak bulu hitam diseluruh tubuh burung lebih mengkilat dan terasa lebih pekat, sedangkan warna merah pada bulu terlihat lebih terang dari yang biasanya. Coba anda raba supit urang (pubis) burung anis merah anda maka jika jantan akan terasa runcing dan lebih rapat. Pada bagian mata maka akan terlihat posisi mata hampir sejajar dengan paruh. Sifat jantan lainnya ialah jika dihadapkan dengan burung anis merah lain maka akan berperilaku mengangkat kepala ke atas sambil mengeluarkan kicauan indahnya.

Anis Merah Betina

Tubuh anis merah betina cenderung lebih pendek dan berbentuk lebih bundar. Perhatikan juga sayapnya saat mengepit maka akan terlihat agak renggang. Jika anda perhatikan pada bagian mata maka akan terlihat tidak sejajar dengan paruh. Leher anis merah betina berukuran lebih pendek dengan bentuk kepala yang agak bundar. Bagian paruh burung cenderung lebih tipis dibandingkan dengan paruh jantan yang tebal, dengan lubang hidung yang relatif lebih kecil.

Bulu warna hitam dan merah yang menyelimuti seluruh tubuh burung anis merah betina terlihat lebih kusam. Selain itu pada bagian sayap juga terlihat agak kusam disertai dengan corak warna kuning. Saat anda meraba bagian supit urang maka akan terasa lembek dengan jarak yang renggang antara kedua sisi. Jika burung betina anda dekatkan dengan anis merah lainnya maka akan ada reaksi seperti menggetar-getarkan sayapnya dan bersuara pelan (ngeriwik) seperti seseorang yang sedang bersiul. Di bagian bawah maka jari-jari kaki cenderung lebih pendek.

Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina

Perbedaan yang paling mudah terlihat ialah pada warna bulu. Pada bulu anis merah jantan maka akan nampak bulu hitam diseluruh tubuh burung lebih mengkilat dan terasa lebih pekat, sedangkan pada bulu anis merah betina akan tampak lebih kusam. Supit urang burung anis merah jantan lebih runcing dan lebih rapat dibandingkan dengan supit urang betina yang lebih lembek dan renggang.

Anis merah jantan memiliki kemampuan berkicau lebih baik daripada betina. Variasi suara pada jenis anis merah jantan lebih banyak dibandingkan suara betina yang terdengar lebih monoton. Sehingga dengan kenyataan ini menyebabkan perbedaan harga diantara jantan dan betina, burung anis merah jantan lebih mahal dan lebih banyak peminatnya daripada burung anis betina yang relatif lebih murah.

Cara membedakan jenis kelamin burung anis merah ini akan menjadi mudah seiring pengalaman anda di dunia burung. Sehingga orang yang sudah ahli tidak perlu memeriksa dari bagian satu ke bagian lainnya. Mereka tinggal melihat dengan sekilas, maka sudah diketahui apakah jantan atau betina. Semoga hobi burung yang anda geluti dapat membuahkan prestasi dengan hasil yang maksimal.

Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia