Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Kicauan merdu burung jalak suren memang cukup memikat pendengaran para pecinta burung. Burung yang memiliki warna paduan cantik yaitu putih, hitam dan orange dibagian matanya ini sangat mudah untuk mengetahui jenis kelamin jantan ataupun betina. Tugas anda adalah mencoba untuk mencocokannya dengan ciri-ciri dan sifat-sifat yang khas pada anak jalak suren dan dewasa yang anda miliki.


Jalak Suren Jantan

Jika kita perhatikan ukuran tubuh burung ini maka akan terlihat lebih besar dari pada yang lainnya dengan bentuk tubuh lonjong dan memanjang. Pada bagian kepala maka akan terlihat relatif besar dan lebih bulat dengan paruh panjang dan sangat kokoh. Pada lembaran bulu yang terdapat di kepala, punggung, serta dada akan mempunyai warna hitam agak mengkilap. Berbeda dengan warna yang terdapat di kulit bagian atas mata yang akan nampak lebih jelas dan lebih cerah.

Bulu putih di bagian bawah tubuh suren jantan terlihat lebih bersih dengan ekor yang relatif lebih panjang dan bulunya saling menyatu satu sama lain. Pada bagian tubuh sebelah bawah maka akan terlihat jari jemari kaki lebih kokoh dan lebih panjang. Adapun ciri jalak suren jantan lainnya ialah pada saat jambul kepala mengembang maka akan terlihat lebih panjang dan agak sedikit melebar.

Jalak Suren Betina

Ukuran tubuh jalak suren betina cenderung lebih kecil dengan bentuk tubuh yang nampak bulat dan cenderung lebih pendek. Pada bagian kepala jalak suren betina ini maka akan cenderung ramping dengan paruh lebih pendek. Namun saat perhatian kita tujukan ke bagian bulu maka akan nampak berwarna putih di tubuh bagian bawah terlihat agak kusam. Sedangkan warna di kulit bagian atas lebih pucat dan agak memudar warnanya.

Ciri jalak suren betina lainnya ialah di bagian ekor yang cenderung lebih pendek namun terlihat lebih halus. Saat anda perhatikan jari jemari kakinya maka akan terlihat lebih pendek jika dibandingkan dengan jari kaki jalak suren jantan. Adapun ciri terakhir yang mudah anda temukan ialah saat jambul kepala mengembang maka cenderung lebih pendek dan tidak lebar.

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Setelah membaca ciri karakteristik jalak suren jantan dengan jalak suren betina diatas, maka anda tinggal mencocokan kondisi burung kesayangan anda tersebut dengan ciri-ciri tersebut. Apakah memiliki ciri jantan atau betina, namun untuk menebak lebih tepat maka perlu banyak pengalaman untuk membedakan jenis kelamin burung ini. Karena terkadang ada beberapa burung yang memiliki ciri khusus dan keberagaman setiap ekornya yang hanya dimengerti oleh orang yang telah berpengalaman dalam memelihara burung jalak suren ini.

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia