Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Quantum Teaching dan Learning

Metode belajar dan mengajar yang efektif sangat diperlukan guna meningkatkan sumber daya manusia Indonesia sehingga dapat bersaing di dunia global. Adapun perbedaan antara quantum teaching dengan quantum learning dimaksudkan untuk memberi anda wawasan tentang sistem yang berguna bagi dunia pendidikan kita.


Quantum Teaching

Pengertian quantum teaching adalah sebuah panduan praktis dalam mengajar yang berusaha mengakomodir setiap bakat siswa. Di dalam metode quantum teaching penuh dengan penemuan terbaru sehingga dapat meningkatkan antusiasme belajar para siswa. Dengan metode ini ruang kelas seolah-olah sebuah konser musik yang memadukan berbagai instrumen sehingga tercipta komposisi musik yang indah.

Salah satu prinsip metode quantum teaching adalah tidak ada siswa yang bodoh, yang ada adalah siswa yang belum berkembang karena titik sentuhnya belum cocok dengan titik sentuh guru. Oleh karena itu seorang guru harus menyesuaikan dirinya dengan kondisi siswa yang berpedoman segalanya bertujuan, segalanya berbicara, mengalami sebelum pemberian nama, akui setiap usaha, dan rayakan.

Quantum Learning

Pengertian quantum learning adalah suatu kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat seseorang, serta membuat proses belajar menjadi menyenangkan dan bermanfaat. Prinsip quantum learning adalah bahwa sugesti dapat mempengaruhi hasil dari situasi belajar, dan setiap detail apapun akan memberikan sugesti positif ataupun negatif.

Anda dapat memakai strategi quantum learning guna mencapai peningkatan yang luar biasa dalam belajar. Cara yang harus anda lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu gaya belajar, berpikir, dan situasi diri anda. Hal itu penting sebab pembelajar akan cepat mendalami sesuatu jika tahu potensi diri anda sendiri. Segalanya dapat dengan mudah dan cepat dipelajari jika didukung suasana yang menyenangkan.

Perbedaan Quantum Teaching dan Learning

Adapun perbedaan yang dapat disimpulkan yaitu quantum teaching diarahkan untuk proses pembelajaran guru saat berada di kelas, berhadapan dengan para siswa, merencanakan pembelajaran, dan mengevaluasinya. Sedangkan quantum learning merupakan konsep untuk pembelajar agar dapat menyerap fakta, konsep, prosedur, dan prinsip sebuah ilmu dengan cara cepat, menyenangkan, dan lebih berkesan.

Jadi quantum teaching dikhususkan untuk guru pengajar, sedangkan quantum learning dikhususkan untuk siswa atau para pelajar umum. Namun jika anda berprofesi sebagai guru, maka alangkah baiknya jika mempelajari keduanya agar dapat memahami proses belajar mengajar dari kedua sisi secara terintegrasi.

Perbedaan Quantum Teaching dan Learning Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia