Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Laba-laba dan Serangga

Laba-laba yang sering anda jumpai di rumah maupun di batang dan ranting pohon, ternyata berbeda dengan serangga. Walaupun perbedaan antara laba-laba dengan serangga tidak terlihat jelas, namun jika anda perhatikan dengan seksama terutama pada bagian kaki dan tubuh maka akan anda fahami dengan mudah perbedaannya.

Laba-laba


Pengertian laba-laba adalah hewan berbuku-buku yang memiliki dua segmen tubuh dengan empat pasang kaki yang panjang. Ciri lain dari laba-laba ialah tidak memiliki sayap dan mulut pengunyah. Laba-laba termasuk kedalam karnivora yaitu jenis hewan pemangsa, dengan mangsa utamanya adalah serangga dan sejenisnya.

Pada umumnya laba-laba memiliki kemampuan menyerang musuhnya dengan cara menginjeksikan bisa melalui sepasang taring yang cukup tajam. Namun hanya sekitar 200 spesies laba-laba saja yang memiliki gigitan berbahaya yang dapat membahayakan hidup manusia. Semua laba-laba mampu memproduksi benang sutera sangat tipis namun cukup kuat untuk menopang badan dan mangsanya.

Serangga


Pengertian serangga adalah suatu kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang berkaki enam (Hexapoda). Selain itu serangga termasuk dalam kelas insekta yang dibagi menjadi 29 ordo, diantaranya Diptera (lalat), Coleoptera (kumbang), Hymenoptera (semut dan lebah), dan Lepidoptera (kupu-kupu dan ngengat).

Adapun kelompok Apterigota terdiri dari 4 ordo sebab semua serangga dewasa dalam kelompok ini tidak memiliki sayap, dan 25 ordo lainnya termasuk dalam kelompok Pterigota sebab mereka memiliki sayap. Ukuran serangga relatif kecil dan pertama kali sukses berkolonisasi di muka bumi. Serangga merupakan hewan beruas dengan tingkat adaptasi tinggi sehingga mampu hidup di berbagai kondisi.

Perbedaan Laba-laba dan Serangga

Laba-laba dapat membuat jaringan sutra sendiri, sedangkan serangga tidak dapat membuat jaringan sutra. Laba-laba memiliki mata sederhana, sedangkan serangga memiliki mata yang majemuk. Laba-laba tidak bisa terbang, sedangkan pada kebanyakan serangga bisa terbang. Laba-laba adalah karnivora yaitu memakan organisme lain, sedangkan kebanyakan serangga memakan tumbuh-tumbuhan.

Laba-laba memiliki dua segmen tubuh, sedangkan serangga memiliki tiga segmen tubuh (kepala, dada, dan perut). Rahang laba-laba mampu menusuk, sedangkan rahang serangga lebih cocok untuk mengunyah makanan. Laba-laba memiliki delapan kaki, sedangkan serangga hanya memiliki enam kaki. Adapun persamaan dari kedua jenis makhluk hidup ini ialah memiliki nilai eksotis yang luar biasa.

Perbedaan Laba-laba dan Serangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia