Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Jurnal Umum dan Jurnal Khusus

Laporan keuangan perusahaan harus disusun dengan baik agar dapat digunakan untuk melihat kemajuan atau kemunduran bisnis. Sehingga dengan melihat data accounting, maka dapat diambil keputusan yang tepat. Perbedaan antara jurnal umum dengan jurnal khusus kiranya dapat difahami oleh para pembaca semua.


Jurnal Umum

Pengertian jurnal umum adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat seluruh transaksi perusahaan berdasarkan urutan waktu kejadian. Terdapat 2 jalur dalam penulisan jurnal yaitu debet dan kredit, sehingga diketahui riwayat kejadian keluar masuknya uang. Jurnal umum digunakan oleh semua jenis perusahaan mulai dari jenis usaha perorangan hingga perusahaan besar kelas dunia. Jurnal umum bersumber dari bukti transaksi yang diterima atau diterbitkan oleh perusahaan.

Jurnal Khusus

Pengertian jurnal khusus adalah jurnal yang digunakan untuk membantu pencatatan jurnal umum dimana transaksi yang akan diproses sering terjadi, lebih lengkap, dan berulang-ulang. Pada umumnya jurnal khusus dipakai oleh perusahaan dagang dan manufaktur. Karena jika hanya menggunakan jurnal umum saja maka perusahaan akan kebingungan untuk identifikasi jumlah transaksi sejenis (contohnya transaksi penjualan dan pembelian) atau untuk melihat transaksi dengan intensitas tinggi.

Perbedaan Jurnal Umum dan Jurnal Khusus

Fungsi jurnal umum adalah untuk digunakan mencatat semua transaksi, sedangkan fungsi jurnal khusus adalah hanya untuk digunakan mencatat transaksi sejenis dan sering terjadi. Tanggal posting jurnal umum adalah tanggal transaksi, sedangkan tanggal posting jurnal khusus adalah tanggal akhir bulan, bulan yang bersangkutan.

Posting jurnal umum dilakukan setiap terjadi transaksi, sedangkan posting jurnal khusus dilakukan secara periodik, umumnya dilakukan setiap akhir bulan. Bentuk jurnal umum terdiri dari dua kolom saja yaitu kolom debit dan kredit, sedangkan bentuk jurnal khusus terdiri dari banyak kolom sesuai keperluan perusahaan.

Jurnal umum digunakan oleh perusahaan dagang kecil dan jasa, dimana transaksi yang dilakukan tidak begitu banyak. Jurnal khusus digunakan oleh perusahaan besar yang memiliki transaksi yang sejenis dengan intensitas yang banyak atau berulang-ulang, sehingga memerlukan teknik pencatatan secara khusus.

Perbedaan lainnya ialah pada jurnal umum hanya terdapat satu jenis, sedangkan jurnal khusus ada banyak jenis seperti jurnal pembelian, jurnal pengeluaran kas, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, dan jurnal khusus lainnya.

Perbedaan Jurnal Umum dan Jurnal Khusus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia