Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Mutasi Alami dan Buatan

Pertanyaan tentang apa perbedaan mutasi alami dengan mutasi buatan banyak dilontarkan oleh adik-adik yang sedang mempelajari ilmu biologi. Sehingga tidak ada salahnya jika pertanyaan tersebut saya jawab di artikel singkat kali ini, agar blog sederhana ini dapat membantu para pelajar mengerjakan tugas sekolah.


Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita awali dari definisi mutasi yaitu suatu perubahan dalam organisasi materi genetik yang dapat diproduksi dan diwariskan kepada generasi berikutnya. Perubahan tersebut bisa terjadi hanya pada satu atau beberapa nukleotida dan dapat juga melibatkan seluruh set kromosom.

Terjadinya mutasi tidak harus berubah menjadi spesies baru, namun jika keturunan mutan tersebut mengalami mutasi-mutasi berikutnya dan dapat bertahan hidup sampai beberapa generasi, jika hal tersebut terjadi maka akan mengubah genotipe maupun fenotipenya yang berbeda dengan nenek moyang asal mereka.

Mutasi Alami

Pengertian mutasi alami adalah suatu perubahan materi genetik yang terjadi atas kekuasaan Allah swt. tanpa ada campur tangan manusia. Pada umumnya mutasi alami berlangsung secara lambat dan kemungkinan terjadi sangat jarang, namun walaupun demikian mutasi ini dapat saja terjadi setiap saat dalam kondisi apapun.

Para ilmuwan menduga bahwa mutasi alami disebabkan oleh sinar kosmis, bahan radioaktif alam, sinar ultraviolet matahari, kesalahan sewaktu terjadi replikasi DNA, terjadinya radiasi internal dari bahan radioaktif yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau saluran pernapasan akibat pencemaran bahan radioaktif.

Mutasi Buatan

Pengertian mutasi buatan (induksi) adalah suatu perubahan materi genetik yang diusahakan oleh manusia. Seorang sarjana Amerika bernama Herman J. Muller menyimpulkan bahwa semakin besar radiasi terhadap organisme maka semakin banyak pula terjadi mutasi (percobaan sinar X pada Drosophila melanogaster).

Penelitian ilmiah selanjutnya dilakukan menggunakan sinar-γ dan sifat-γ pada jagung dan jelai. Ada juga yang menggunakan gas mustard. Berdasarkan berbagai hasil penelitian ilmiah, mutasi buatan dapat dilakukan dengan penempatan organisme terhadap bahan-bahan penyebab mutasi, penyisipan DNA, dan mutagen.

Perbedaan Mutasi Alami dan Buatan

Cara yang mudah untuk memahami perbedaan diantara keduanya yaitu dilihat dari pengertian. Mutasi alami merupakan mutasi yang terjadi secara ilmiah. Sedangkan mutasi buatan merupakan mutasi yang terjadi akibat campur tangan manusia.

Perbedaan Mutasi Alami dan Buatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia