Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria

Bakteri terdapat di berbagai tempat di sekitar kita, yang memiliki fungsi penting tersendiri. Untuk itu saat ini kita akan membahas perbedaan antara archaebacteria dengan eubacteria yang merupakan bagian dari pelajaran penting ilmu biologi.


Archaebacteria

Pengertian archaebacteria adalah kelompok bakteri yang menghasilkan gas metan dari sumber karbon yang sederhana, uniseluler, mikroskopik, dinding sel bukan peptidoglikon. Archaebacteria bersifat anaerob, dapat hidup di sampah, tempat-tempat kotor, saluran pencernaan manusia atau hewan, halofil ekstrem, lingkungan bergaram, serta termoplastik pada suhu panas dan lingkungan asam yang ekstrim.

Eubacteria

Pengertian eubacteria adalah bakteri yang bersifat prokariot dengan inti dan organelnya tidak memiliki membran. Eubacteria bersifat uniseluler, mikroskopik, serta memiliki dinding sel yang tersusun dari peptidoglikon. Sel eubacteria dapat berbentuk bulat atau batang lurus, terpisah-pisah atau membentuk koloni rantai, serta bertindak sebagai dekomposer pengurai. Eubacteria hidup secara parasit dan patogenik, namun ada juga yang bersifat fotosintetik dan kemoautotrof.

Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria

Archaebacteria membran lipid dengan eter terkait, sedangkan eubacteria membran lipid dengan ester terkait. Archaebacteria belum memiliki anggota fotosintesis, sedangkan eubacteria memiliki anggota fotosintesis. Archaebacteria merupakan kerajaan yang terpisah dari eubacteria, walaupun keduanya merupakan prokariota.

Archaebacteria mempunyai tiga filum yaitu metanogen, thermoacidophiles, dan halofili, sedangkan Eubacteria mempunyai cyanobacteria, spirochetes dan proteoticbacteria. Archaebacteria berevolusi dengan bentuk yang berbeda dari eubacteria yang diketahui dari hasil uji DNA. Archaebacteria bersel tunggal atau struktur sederhana dibandingkan dengan Eubacteria.

Perbedaan lainnya yang dapat anda pelajari ialah archaebacteria hidup dengan kondisi lingkungan yang keras seperti di laut dalam, mata air panas, alkali atau air asam, sedangkan Eubacteria hidup dengan kondisi lingkungan yang baik.

Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis