Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Juicer dan Blender

Jus buah yang dipadukan dengan es yang dingin memang sangat menyegarkan, apalagi diminum saat tengah hari. Untuk membuat segelas jus buah ataupun sayur maka diperlukan alat pengolah elektrik. Untuk itu kenalilah perbedaan juicer dengan blender agar alat yang anda gunakan tepat sesuai hasil yang anda inginkan.

Juicer


Pengertian juicer adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghasilkan jus segar dalam bentuk terkonsentrasi. Alat juicer hanya dapat menghasilkan jus dengan hasil akhir bersih dari serat, kulit, dan biji buah. Pada juicer terdapat tempat khusus pembuangan untuk serat, kulit, serta biji yang tidak diikutsertakan pada hasil akhir.

Ada juga juicer yang mengumpulkan bahan sisa tersebut dalam sebuah saringan yang dapat dibuka kemudian dibersihkan kembali saat akan jus telah selesai dibuat. Kelebihan juicer ialah pembuatan jus lebih mudah karena tidak perlu repot mengupas buah dan biji. Sedangkan kekurangan juicer ialah harganya cukup mahal dan vitamin yang ada pada serat buah menjadi terbuang bersama dengan ampas.

Blender


Pengertian blender adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghaluskan makanan padat menjadi bubuk, pasta, atau adonan halus. Berbeda dengan juicer, pada alat blender tidak menghasilkan ampas karena semua bahan akan tercampur rata dalam hasil akhir. Jika anda menginginkan hasil akhir yang bersih dari biji dan kulit maka anda harus membersihkan bahan terlebih dahulu menggunakan tangan.

Kelebihan blender adalah harganya cukup murah, lebih mudah dibersihkan karena hanya ada satu wadah saja, dan jumlah hasil akhir lebih banyak daripada hasil akhir juicer. Adapun kekurangan dari blender adalah untuk menghasilkan jus yang bersih maka kita harus memisahkan ampas secara manual, sehingga untuk sebagian orang cukup merepotkan dan memakan waktu yang cukup banyak.

Perbedaan Juicer dan Blender

Setelah melihat penjelasan singkat diatas maka ada beberapa kesimpulan yang dapat kita ambil mengenai apa perbedaan juicer dengan blender. Pada juicer maka ampas akan dipisahkan secara otomatis oleh mesin tersebut, sedangkan pada blender ampas harus dipisahkan secara manual. Cara membersihkan juicer terasa lebih sulit dibandingkan dengan membersihkan blender yang terasa lebih mudah.

Harga juicer lebih mahal jika dibandingkan dengan harga blender yang jauh lebih murah. Dengan material yang sama maka jumlah hasil akhir dari juicer lebih sedikit dibandingkan dengan hasil akhir blender yang lebih banyak. Pada juicer maka serat buah akan terbuang, sedangkan pada blender serat buah akan terbawa di dalam jus. Jadi mana yang lebih baik? maka silahkan anda tentukan pilihannya sendiri.

Perbedaan Juicer dan Blender Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis