Semua perbedaan ada disini

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Tes kemampuan berbahasa inggris dilakukan untuk mengukur sejauh mana penguasaan anda terhadap berbagai seluk beluk bahasa inggris. Jika anda akan kuliah ke luar negeri atau untuk bekerja disana maka sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu apa saja perbedaan antara TOEFL dengan IELTS berikut ini.


TOEFL

Pengertian TOEFL atau kepanjangan dari Test of English as a Foreign Language adalah suatu ujian kemampuan bahasa Inggris dengan menggunakan gaya Amerika, yang biasanya diperlukan saat anda mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat atau negara lainnya. Tes TOEFL diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) yang berada di Amerika Serikat. Ujian TOEFL sangat diperlukan khususnya untuk pendaftar yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

IELTS

Pengertian IELTS atau kepanjangan dari International English Language Testing System adalah suatu ujian kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh British Council, Universitas Cambridge, dan IDP Education Australia. Tes IELTS digolongkan dalam dua modul ujian yaitu Umum dan Akademis, selain itu tes IELTS telah diselenggarakan di 120 negara. Lebih dari sejuta orang untuk setiap tahunnya orang menggunakan IELTS untuk memasuki dunia pengguna bahasa Inggris.

Perbedaan TOEFL dan IELTS

TOEFL berasal dari Amerika, sedangkan IELTS berasal dari Inggris. Jika akan sekolah ke Amerika maka diperlukan skor TOEFL, sedangkan jika akan sekolah ke Inggris, Australia, Canada, maka diperlukan skor IELTS. TOEFL iBT ada kemampuan taking-notes dan juga writing namun writing yang diajarkan hanya satu jenis, sedangkan IELTS kita di tes writing untuk data dan writing untuk opini.

TOEFL paper based terdiri dari listening, grammar dan reading dengan semua soal pilihan ganda. Sementara TOEFL iBT meliputi listening, reading, writing dan speaking yang dilakukan secara online dengan pusatnya di Malaysia. Sedangkan IELTS meliputi listening, reading, writing dan speaking adalah paper based dan speakingnya dilakukan dengan orang yang berada di hadapan kita.

Tes TOEFL berlangsung sekitar 4 jam, sedangkan IELTS berlangsung sekitar 2 jam dan 45 menit. Tes TOEFL menggunakan bahasa inggris Amerika, sedangkan tes IELTS menggunakan bahasa Inggris British. Pada tes TOEFL anda akan mendengarkan pembicaraan dan pengajaran sekitar 40 menit dan anda harus mencatat informasi penting untuk menjawab pertanyaan pada akhir tes. Sedangkan pada tes IELTS anda akan mendengarkan beberapa cuplikan audio pendek dan anda harus menjawab pertanyaan secara langsung sambil mendengar audio.

TOEFL like atau institusional TOEFL bisa dilakukan di berbagai tempat kursus bahasa Inggris dengan biaya testnya sekitar 50 ribu. TOEFL institutional hanya diselenggarakan di beberapa tempat, contohnya di UPT Bahasa ITB Bandung, UI Salemba, Neso Jakarta dengan biaya sekitar 275 ribu. TOEFL iBT yang berlaku secara internasional dengan biaya testnya sekitar 160 dolar AS. Sedangkan IELTS hanya ada satu jenis, yaitu internasional IELTS yang tesnya berbiaya 150 dolar AS.

TOEFL paper based skornya 310-677 dan TOEFL iBT memberikan skor 0-120, sedangkan IELTS memberikan skor 0-9. Selain perbedaan tentu akan ada persamaan TOEFL dan IELTS yang diantaranya adalah keduanya sama-sama tes kemampuan bahasa Inggris yang berguna untuk kepentingan akademik.

Perbedaan TOEFL dan IELTS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis