Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan

Seni rupa yang indah mampu menghasilkan sejuta pesona bagi siapa saja yang memandangnya. Keindahan dari berbagai unsur seni baik itu berupa lukisan, kaligrafi, ukiran ataupun batik yang merupakan khazanah budaya yang teramat berharga. Adapun perbedaan antara seni rupa murni dengan seni rupa terapan akan menambah wawasan anda lebih dalam lagi tentang seluk beluk kesenian ini.


Seni Rupa Murni

Pengertian seni rupa murni adalah suatu seni yang tercipta dengan bebas tanpa mempertimbangkan dari segi fungsi maupun kegunaannya, namun lebih mengutamakan keindahannya saja. Saat kita memperhatikan karya seni murni ini maka yang terlihat hanyalah keindahan dari setiap coretan, paduan warna, lekuk simetris, dan bahkan bentuk tak beraturan yang jika digabungkan akan menghasilkan karya yang luar biasa.

Contoh karya seni rupa murni antara lain adalah lukisan, kaligrafi, dan juga patung. Lukisan merupakan karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan berbagai warna pada media kertas, kanvas, atau dinding. Kaligrafi adalah seni menulis tulisan arab dengan indah menggunakan pena ataupun pahatan. Sedangkan patung adalah benda yang dibuat oleh manusia untuk menampilkan objek secara tiga dimensi.

Seni Rupa Terapan

Pengertian seni rupa terapan adalah suatu hasil karya seni yang dibuat dengan lebih mengutamakan kegunaan atau fungsi disamping dapat dinikmati mutu seninya. Sehingga kita tidak hanya disuguhi dengan seni rupa yang memukau pandangan, namun juga dapat merasakan manfaat dari kegunaan benda tersebut.

Contoh karya seni rupa terapan adalah ukiran dan batik. Suatu ukiran ialah seni dengan mengolah permukaan objek dengan membuat perbedaan ketinggian sehingga memunculkan rupa yang indah. Ukiran biasa digunakan pada berbagai perabotan misalnya kursi, meja, pintu, dan lainnya. Adapun batik adalah suatu coretan indah yang tersusun rapih diatas kain dengan corak beraneka ragam.

Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan

Seni rupa murni tidak dapat diproduksi secara masal karena memiliki keunikan tersendiri, sedangkan seni rupa terapan dapat diproduksi secara massal. Seni rupa murni memiliki kerumitan tersendiri dari mulai proses pembuatan hingga finishing, sedangkan seni rupa terapan lebih bersifat praktis guna mengejar fungsi yang akan didapat. Bentuk seni rupa murni bebas sesuai ekspresi pembuat, sedangkan bentuk seni rupa terapan menyesuaikan dengan fungsi dan selera masyarakat.

Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia