Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Mobil dengan desain baru selalu menjadi incaran para pecinta otomotif Indonesia. Dua model yang kini menjadi salah satu primadona di pasar mobil yaitu Agya dan Ayla. Walaupun sekilas pandang kedua tipe ini nampaknya sama, padahal banyak perbedaan Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla yang belum kita ketahui seluruhnya.

Toyota Agya


Toyota Agya adalah mobil hatchback dengan standar kualitas dari Toyota dan harga yang terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Mobil Agya terbaru masuk kategori mobil hatchback compact car dengan kapasitas mesin 1000 cc. Di Indonesia ada 3 tipe dari city car Agya yang di pasarkan yaitu Tipe TRD S, Tipe E, dan Tipe G.

Tipe Agya TRD S menampilkan kesan sporty dan kesan casual, tipe ini memiliki emblem TRD S di bagian samping bawah dan TRD S emblem di bagian belakang. Selain itu terdapat aero kit yang terpasang di bagian depan, belakang dan samping mobil. Untuk tipe Agya G dilengkapi dengan chrome pada lower grille radiator, juga di bagian handle pintu luar. Selain itu terdapat rear spoiler di bagian belakang mobil.

Semua tipe Agya dilengkapi dengan mesin 3 cylinder, 12 Valves, DOHC. Kapasitas mesin 998 cc atau 1 liter. Tenaga yang dikeluarkan mesin ini cukup responsive dan bertenaga. Namun hemat bahan bakar dan sangat ramah lingkungan. Toyota Agya masuk dalam ketegori mobil murah Toyota, tentunya harga mobil Toyota Agya ini pasti jauh lebih murah dari harga varian kendaraan Toyota di kategori compact car.

Daihatsu Ayla


Daihatsu Ayla saat ini menjadi salah satu varian LCGC paling laris di Indonesia. Konsep bodi minimalis namun tetap kompak, Ayla menjadi kendaraan favorit penduduk kota besar yang memiliki mobilitas tinggi. Daihatsu Ayla menggunakan mesin Daihatsu seri D26F 1KR-DE yang merupakan mesin 3 silinder dengan kapasitas 998 cc, mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 65 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi sebesar 8.7 Nm pada 3.600 rpm.

Meski secara fisik ukuran Ayla cukup mungil, namun mobil ini akan memberikan kenyamanan yang lega kepada penumpang dan pengemudinya. Hal ini karena Daihatsu Ayla sudah dibekali dengan sistem suspensi McPherson Struts dengan per keong yang nyaman. Selain itu Daihatsu Ayla dibekali dengan Electric Power Steering (tipe M, X, dan Elegant) sehingga handlingnya menjadi lebih mantap. Ruang kabin Daihatsu Ayla cukup lega sehingga penumpang di dalamnya tidak akan terasa penuh sesak dengan batas maksimal lima orang penumpang.

Sisi interior Daihatsu Ayla dirancang dengan konsep minimalis dengan material yang cukup berkualitas. Setir kemudi Daihatsu Ayla sendiri juga dirancang secara standar namun stylish dan enak digunakan. Daihatsu Ayla memiliki ukuran tubuh 3600 x 1600 x 1520 mm dengan berat kosong mencapai 180 kg. Sekilas Ayla memang terlihat lebih kecil karena desain bodinya lebih minimalis, sehingga mobil ini sangat pas untuk di perkotaan dan aktivitas yang membutuhkan mobilitas tinggi. Harga Daihatsu Ayla tergolong stabil, bahkan sumber resmi Daihatsu mengatakan bahwa harga mobil LCGC Ayla tidak akan mengalami kenaikan secara signifikan.

Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Perbedaan yang dapat kita lihat ada pada sisi desain, warna, varian, fitur, dan harga tentunya. Toyota Agya dibuat dengan tiga tipe yaitu E, G, dan TRD S, sedangkan Daihatsu Ayla memiliki tiga tipe yaitu D, M dan tipe X. Harga Toyota Agya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga Daihatsu Ayla.

Bagian depan Agya terlihat lebih stylish dengan grill minimalis yang lebih elegan, sedangkan Ayla grill depan lebih dinamis, terlihat lebar dan tinggi sampai ke bagian bawah bemper.

Konsep desain Toyota Agya cukup modern terutama pada tipe G dan TRD S yang sudah dilengkapi dengan 2-DIN head unit serta tersedianya port USB dan aux input yang dibalut warna chrome. Selain itu untuk menambah kenyamanan dilengkapi dengan fitur AC, power window auto down dan dan central lock. Bahan jok dilapisi dengan bahan fabric. Sedangkan Daihatsu Ayla memiliki hal yang sama, namun untuk tipe terbawah yaitu tipe D tidak dilengkapi AC dan juga perangkat audio.

Toyota Agya sudah dilengkapi fitur keselamatan dual airbags (SRS Airbags) pada sisi pengemudi dan penumpang bagian depan, sedangkan Daihatsu Ayla belum dilengkapi dual airbags (SRS Airbags).

Perubahan baru Toyota Agya adalah penambahan wiper belakang pada tipe G dan tipe TRD S serta bentuk kursi belakang yang lebih besar dan cocok untuk orang dewasa. Sedangkan Ayla mengalami perubahan yaitu grille baru yang memiliki palang tengah sewarna bodi dan penambahan wiper belakang pada tipe X.

Selain perbedaan, tentunya ada juga persamaan yang kita dapati dari kedua mobil ini. Persamaannya adalah keduanya sama-sama menggunakan 997 cc dengan kode mesin 1KR-DE yang memiliki tengan 65 dk/6.000 rpm dengan torsi 85 Nm/3.600 rpm dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia