Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Orang Berilmu dan Tidak Berilmu

Ilmu merupakan cahaya di dalam hati yang akan menerangi pemiliknya untuk melalui jalan kehidupan ini dengan selamat. Perbedaan antara orang berilmu dengan orang tidak berilmu ini dimaksudkan agar kita dapat mengambil pelajaran dari kedua orang tersebut, sehingga meningkatkan semangat dalam mencari ilmu.


Orang Berilmu

Seseorang yang memiliki ilmu maka setiap gerak langkah dan ucapannya akan terbimbing dengan cahaya ilmu. Dia akan berfikir sebelum bertindak dan akan mengkaji sebelum berucap. Perangainya lembut laksana tiupan angin di pagi hari, namun tetap tegar dalam menghadapi setiap cobaan seperti kuatnya batu karang.

Orang berilmu menggunakan waktunya dengan baik, ia menyadari begitu berharganya setiap detik dalam hidup ini. Ia menyibukkan diri dalam majlis ilmu beserta para ulama sholeh. Waktu luang ia akan gunakan untuk mengkaji kitab agama, dan berusa untuk mengamalkan dan mendakwahkan ilmu yang telah ia dapatkan. Dakwah menjadi pengukuh keilmuan sehingga ilmu tetap terjaga.

Orang Tidak Berilmu

Saat orang tidak berilmu menjalani harinya maka keresahan, kegelisan, serta gundah gulana akan mengusik setiap helaan nafasnya. Ia bagaikan berjalan dalam kegelapan tanpa cahaya setitikpun yang bisa dijadikan penerang bagi jalan yang ia pijak. Ucapan dan tingkahlakunya hanya bersandar pada nafsu semata, tanpa berpikir panjang ia akan memutuskan suatu perkara dengan kejahilannya.

Orang bodoh tak akan selamat tanpa ia kembali kepada naungan ilmu. Orang ini telah tertipu dengan nikmatnya waktu luang yang ia sia-siakan untuk melampiaskan nafsu semata. Ia penuhi hari dengan kelalaian dan sesuatu yang tidak bermanfaat untuk dunia maupun untuk akhiratnya. Sungguh malang orang yang dibutakan dari ilmu, karena ia seolah telah mati walaupun jasadnya masih terlihat hidup.

Perbedaan Orang Berilmu dan Tidak Berilmu

Orang berilmu akan memiliki banyak pengetahuan, dapat memimpin, dimuliakan, bijaksana, tabah, sabar, wawasan luas, tenang, berpikiran maju, stabil, berpendirian, menerima nasehat, berani, percaya diri, dan rasional. Sedangkan orang tidak berilmu sedikit pengetahuan, selalu dipimpin, dihinakan, tidak bijak, putus asa, pemarah, wawasan sempit, resah, berpikiran terbelakang, labil, ikut-ikutan, menolak nasehat, penakut, tidak percaya diri, dan emosional.

Perbedaan Orang Berilmu dan Tidak Berilmu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis