Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Workshop dan Seminar

Workshop, training, lokakarya, seminar, simposium, merupakan kata yang sering kita dengar. Namun pengertian kata tersebut masih cukup simpang siur, bahkan masyarakat awam masih salah mengartikannya. Perbedaan antara workshop dengan seminar berikut ini akan memberi penjelasan rinci mengenai keduanya.


Perusahaan banyak mengadakan kegiatan workshop dan seminar ini guna melatih para karyawan dengan keahlian-keahlian baru dan membuka wawasannya agar lebih maju. Selain karyawan, tentunya banyak juga mahasiswa yang ingin menambah pengetahuan lebih dari pelajaran yang sudah didapat di kampus.

Workshop

Pengertian workshop adalah sebuah lokakarya dimana para peserta bertujuan untuk mencari solusi dari suatu masalah. Di dalam kelas workshop maka narasumber mempresentasikan teori, konsep, logika, dan menyatukan persepsi peserta untuk dapat memecahkan masalah, sehingga menemukan solusi yang diinginkan.

Pembahasan di kelas workshop bersifat ilmiah, tidak untuk membahas hal-hal yang sifatnya praktis, peserta akan mencari solusi atau pemecahan masalah, melalui berbagai konsep yang dikenal maupun yang masih baru bagi para peserta.

Seminar

Pengertian seminar adalah suatu bentuk pengajaran selalu bersifat akademis, ilmiah, konsep, dan apapun yang sedang dipikirkan oleh para peserta. Pada umumnya seminar bertujuan untuk menanam ide ataupun benih pengetahuan baru, sehingga peran moderator menjadi sangat penting dalam sebuah seminar

Narasumber dan peserta diatur dan dikelola oleh moderator agar terjadi komunikasi yang baik. Dialog dalam seminar kadang bisa keluar dari topik pembahasan, sebab apapun yang sedang dipikirkan oleh peserta dapat dikemukakan di dalam forum.

Perbedaan Workshop dan Seminar

Perbedaan yang dapat kita simpulkan ialah dalam workshop para peserta tidak hanya diberikan penjelasan mengenai materi yang dibahas, tetapi juga ditambah dengan pelatihan secara langsung sehingga para peserta mendapat bimbingan langsung dari para mentor. Sedangkan seminar hanya penjelasan dan ditutup dengan tanya jawab dari peserta kepada narasumber yang dipandu oleh moderator, tanpa adanya praktek langsung perihal bahasan yang sedang dibicarakan.

Perbedaan Workshop dan Seminar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis