Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Madu merupakan anugerah dari sang pencipta sebagai obat ampuh untuk obati berbagai macam penyakit yang diderita. Namun keluhan yang terjadi di masyarakat ialah banyaknya beredar madu tiruan, buatan, maupun oplosan di pasaran sehingga mengurangi kepercayaan pembeli. Sebenarnya untuk melihat perbedaan antara madu asli dengan madu palsu dapat diketahui dengan banyak cara seperti berikut.


Madu Asli

Pengertian madu asli adalah madu yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Cairan madu menyerupai sirup namun agak kental dan berasa manis. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis berbeda daripada gula dan pemanis buatan maupun alami lainnya. Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik dan kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air. Rasa dan warna madu asli bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Madu Palsu

Pengertian madu palsu adalah cairan manis yang dibuat dari berbagai macam bahan sehingga menyerupai warna, rasa, dan aroma madu asli. Dengan banyaknya kesamaan sifat secara kasat mata tersebut sehingga pembelipun tertipu dengan penampilan luarnya. Manfaat yang seharusnya anda dapatkan setelah meminum madu, maka tidak akan didapat jika madu yang anda konsumsi tersebut ternyata madu palsu. Oleh karena itu anda harus berhati-hati dalam memilih dan membeli madu agar tidak terkecoh oleh para penjual yang pandai bersilat lidah tersebut.

Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Jika madu asli dimasukkan kedalam lemari es maka tidak akan beku, sedangkan madu palsu disimpan dilemari es maka madu akan membeku. Jika madu asli diteteskan kedalam segelas air putih maka tidak akan langsung bercampur, sedangkan jika madu palsu dimasukkan kedalam segelas air putih maka akan segera menyatu. Jika kertas dilumuri madu asli maka kertas menjadi tidak mudah robek, sedangkan jika kertas dilumuri madu palsu maka kertas akan mudah robek.

Cara membedakan antara madu asli dan madu palsu adalah dengan meyiapkan satu buah sendok, lilin dan korek api. Taruh madu di atas sendok dan bakar dengan lilin pada bagian bawah sendoknya. Ketika madu asli di taruh di atas sendok yang bawahnya sedang di bakar, maka madu asli tersebut akan mengeluarkan busa dan akan tumpah. Sedangkan madu palsu maka busa yang keluar terlihat lebih sedikit.

Perbedaan akan terlihat dengan jelas jika madu dibawa ke laboratorium untuk dilakukan serangkaian uji coba. Sehingga diketahui kandungan yang ada di dalam madu tersebut, lalu dapat disimpulkan dengan pasti apakah madu tersebut asli atau buatan. Sedikit tips untuk mendapatkan madu asli dari saya ialah dengan membeli langsung dari peternak lebah sehingga anda menyaksikan proses pengambilan madu dari sarang tawon yang kemudian diproses dan dikemas dalam botol.

Perbedaan Madu Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis