Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Odex dan Deodex

Para pecinta android tentunya sudah sangat mengenal apa perbedaan antara odex dengan deodex. Namun artikel ini ditujukan bagi anda yang masih awam, namun berminat untuk tahu lebih dalam tenatng aplikasi android ini. Jadi fahami pengertian serta penerapannya agar tidak salah lagi mengartikan kata odex dan deodex.


Odex

Pengertian odex adalah suatu kumpulan beberapa file .apk yang telah di compiler ke dalam sebuah firmware, atau dengan kata lain bahwa file tersebut dipatch menjadi satu dalam sebuah firmware.

Aplikasi yang berekstensi.apk sebagian besar memiliki file .odex yang memiliki tujuan utama untuk menghemat data. File-file odex sebenarnya berisi kode khusus yang berfungsi mempercepat atau mengoptimalkan proses booting. Sehingga dengan adanya file odex tersebut maka proses booting akan lebih cepat.

Dari segi keamanan, dengan adanya odex maka akan mempersulit proses hacking terhadap .apk, karena beberapa bagian dari .apk telah di extract dan berada di lokasi yang lain sebelum di eksekusi.

Deodex

Pengertian deodex adalah mengembalikan file .apk yang telah di compiler mejadi decompiler. Firmware yang dihasilkan dari Deodex berisi kumpulan file .apk yang terpisah-pisah sehingga memudahkan untuk memodifikasi file tersebut.

Kelebihan deodex adalah lebih mudah untuk memodifikasi ROM dan lebih mudah bagi para Developer untuk proses pembuatan thema. Adapun kekurangan deodex adalah proses booting akan terasa lebih lama.

Cara mengetahui handheld odex atau sudah deodex yaitu dengan masuk ke menu/ system/ app/ menggunakan file explorer (root exploler), kemudian lihat apakah ada file ber-extension .odex atau tidak, jika ada maka handheld droiders belum deodex.

Perbedaan Odex dan Deodex

Dalam odex kode kode itu terpisah dari aplikasi, sedangkan dalam deodex maka aplikasi yang ada di odex dikemas ulang, kode kode dalvik cache nya di kembalikan lagi ke tiap aplikasi.

Proses booting odex lebih cepat jika dibandingkan dengan proses booting deodex. Odex lebih sulit untuk modifikasi aplikasi (harus menyambungkan beberapa code script ke code script lainnya), sedangkan deodex relatif lebih mudah.

Perbedaan Odex dan Deodex Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis