Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Pertandingan dan Perlombaan

Saat anda menyaksikan sebuah pertandingan maupun perlombaan olah raga maka decak kagum akan terlontar kepada sang pemenang yang telah merebut gelar juara. Namun pernahkan anda bertanya apa sebenarnya yang menjadi perbedaan antara pertandingan dengan perlombaan, sehingga anda tidak lagi menempatkan kedua istilah kejuaraan yang nampak sama tadi di tempat yang kurang tepat.


Pertandingan

Pengertian pertandingan adalah suatu sistem dalam kegiatan olahraga yang menggunakan istilah menang, kalah, dan seri. Jadi pertandingan selalu dilaksanakan dengan mempertemukan 2 kubu untuk mendapatkan hasil pertandingan. Dengan kata lain dalam sebuah pertandingan akan saling berhadapan atau saling bertatap muka. Contoh pertandingan adalah sepakbola, voli, catur, tinju, basket, tenis meja, bulu tangkis, futsal, dan pertandingan lainnya.

Perlombaan

Pengertian perlombaan adalah suatu sistem dalam kegiatan olahraga yang menggunakan istilah menang dan kalah, tanpa ada kata seri. Jadi perlombaan bersifat satu arah dan dalam satu kali perlombaan bisa dilakukan dengan lebih dari 2 peserta sekaligus. Contoh perlombaan adalah renang, lari marathon, lari estafet, balap mobil, balap perahu layar, lompat jauh, lompat tinggi, lempar cakram, lempar lembing, motoGP, dan perlombaan lainnya.

Perbedaan Pertandingan dan Perlombaan

Dalam pertandingan maka jumlah lawan yang ikut dalam 1 kali sesi pertandingan adalah 1 orang atau 1 group namun pesertanya bisa lebih dari satu. Hal ini disebabkan posisi pertandingan harus saling berhadapan satu lawan satu, sehingga peserta lain menunggu giliran bertanding.

Sedangkan dalam perlombaan maka dalam satu kali sesi perlombaan bisa menggunakan lebih dari 1 peserta atau bahkan pesertanya tidak dibatasi, karena dengan satu kali sesi sudah dapat diketahui siapa pemenangnya.

Demikian sekilas mengenai apa saja perbedaan antara pertandingan dengan perlombaan yang dilihat dari sudut pandang pengertian dan peraturan dalam permainannya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca blog area perbedaan ini.

Perbedaan Pertandingan dan Perlombaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis