Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Output dan Outcome

Suatu sistem akan menghasilkan hasil akhir berupa suatu produk atau jasa layanan, namun dalam sistem lain hanya akan terasa dampaknya saja sehingga produk jadi tidak terlihat dengan jelas. Untuk itu perlu kita definisikan apa saja perbedaan antara output dengan outcome dari segi istilah dan penggunaannya.


Pengertian output adalah hasil langsung yang dapat dirasakan dari suatu proses, sedangkan pengertian outcome adalah efek jangka panjang dari suatu proses tersebut. Contoh outcome dari sebuah sekolah ialah penerimaan di pendidikan lebih lanjut, prestasi dan pelatihan berikutnya, kesempatan kerja, serta penghasilan.

Contoh dalam dunia pendidikan tinggi maka output adalah melahirkan sarjana-sarjana yang spesifik di bidang pendidikan. Sedangkan outcome jangka pendek adalah kesadaran, pengetahuan, atitud, skill, opini, aspirasi dan motivasi. Outcome jangka menengah adalah perilaku, praktek, penentu keputusan, kebijakan dan aksi-aksi sosial di bidang pendidikan. Outcome jangka panjang adalah adanya perubahan kondisi sosial, ekonomi, kependudukan dan lingkungan pendidikan.

Untuk lebih memperjelas kedua pengertian output dan outcome maka kita beri satu lagi contoh yaitu dalam sebuah program yang memiliki tujuan "untuk meningkatkan layanan pelanggan", maka outputnya adalah menemukan suatu produk database, sedangkan outcomenya adalah penurunan panggilan pelanggan ke call center.

Perbedaan Output dan Outcome

Output adalah hasil yang dicapai dalam jangka pendek, sedangkan outcome adalah hasil yang terjadi setelah pelaksanaan kegiatan jangka pendek.

Output berkenaan dengan apa yang kita hasilkan dan siapa orang yang menjadi sasaran kita. Sedangkan outcome lebih mencakup kepada hasil yang harus tercapai dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang dalam aspek pembelajaran, aksi dan kondisi yang diharapkan.

Outcome suatu program adalah respon partisipan terhadap pelayanan yang diberikan dalam suatu program. Sedangkan outcome program adalah jumlah atau units pelayanan yang diberikan atau jumlah orang-orang yang telah dilayani.

Output merupakan hasil dari aktifitas, kegiatan atau pelayanan dari sebuah program dan diukur dengan menggunakan volume, sedangkan outcome adalah dampak, manfaat, harapan perubahan dari sebuah kegiatan atau pelayanan suatu program.

Perbedaan Output dan Outcome Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis