Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Buah dan Sayuran

Buah-buahan segar sangat cocok dinikmati sebagai hidangan pembuka, dengan menu utama sayur-sayuran hijau penuh vitamin. Keseimbangan jenis makanan yang kita konsumsi akan membantu agar badan tetap sehat dan bertenaga. Dalam artikel kali ini kita akan mengetahui apa perbedaan antara buah dengan sayuran.


Buah-buahan

Pengertian buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan suatu perkembangan lanjutan dari bakal buah. Pada umumnya buah akan membungkus dan melindungi biji, walaupun pada sebagian buah posisi biji berada di luar buah. Kandungan buah sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantara vitamin yang ada dalam buah ialah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan lainnya.

Contoh buah adalah anggur, apel, alpukat, belimbing, cabai, ceremai, ceri, coklat, delima, duku, durian, jambu, jeruk, kedondong, kelapa, kesemek, kiwi, kurma, langsat, lemon, lengkeng, leci, mangga, manggis, markisa, melon, mengkudu, nanas, nangka, pepaya, pir, pisang, rambutan, salak, duren, sawo, semangka, sirsak, srikaya, stroberi, sukun, terong, tomat, waluh, dan buah lainnya.

Manfaat buah adalah sumber vitamin, sumber air dan gizi, sumber antioxidan, mencegah penyakit jantung, mencegah serangan kerusakan hati dan stroke, mencegah penyakit kanker, diet alami, mencegah kolesterol jahat, mencegah tekanan darah tinggi, menjaga kekebalan dan kebugaran tubuh. Selain itu buah juga dapat dibuat sebagai obat luar untuk mengobati jerawat, bisul, dan sebagainya.

Sayuran

Pengertian sayuran adalah bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah dimasak. Kandungan umum pada sayuran adalah protein, vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat. Bahkan dalam beberapa jenis sayuran mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, maupun zat anti racun.

Contoh sayuran yang sering dikonsumsi dan mudah ditemukan di pasar adalah sayur sawi, bayam, kangkung, kubis, rebung, asparagus, kailan, wortel, brokoli, bunga kol, tomat, lombok, terong, labu siam, kacang polong, petai, kacang merah, jagung, kentang, bawang merah, bawang putih, lobak, dan sayuran segar lainnya.

Secara umum manfaat sayuran adalah melancarkan BAB, meningkatkan sistem imun, meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh, pencernaan yang sehat, sumber serat, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan syaraf dan mata. Selain itu sayuran juga berfungsi sebagai sumber vitamin, mineral, dan gizi bagi tubuh.

Perbedaan Buah dan Sayuran

Setelah melihat uraian diatas maka kita tarik kesimpulan bahwa perbedaan buah-buahan dengan sayuran ialah buah terbentuk dari ovum yang terdapat dalam bakal buah, sedangkan sayuran adalah bagian lain dari tumbuhan seperti akar, daun, batang yang dapat dikonsumsi. Selain itu buah berperan dalam fungsi reproduksi karena buah melindungi biji dan juga sebagai cadangan makanan, sedangkan sayuran berperan untuk mempertahankan hidup tanaman.

Perbedaan Buah dan Sayuran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis