Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Lompat dan Loncat

Melompat dan meloncat adalah dua kegiatan yang pernah dilakukan oleh semua orang terutama saat anda masih anak-anak. Banyak sekali permainan yang memerlukan keahlian ini untuk bisa menjadi pemenang. Adapun perbedaan antara lompat dengan loncat dalam bidang olah raga ataupun atletik akan lebih terlihat jelas bedanya. Untuk itu perlu kita uraikan satu persatu seperti di bawah ini.


Lompat

Pengertian lompat adalah suatu gerakan yang dilakukan dengan tumpuan satu kaki, baik dilakukan dengan menumpukan badan ke kaki kanan ataupun kaki kiri. Dengan tumpuan satu kaki maka kaki yang lain dinaikan setinggi mungkin agar meringankan beban untuk mencapai ketinggian maksimal.

Contoh lompat dalam bidang olah raga adalah lompat jauh, lompat tinggi, dan lompat jangkit. Adapun lompat jauh yang diukur sebagai prestasi ialah seberapa jauh ia melompat dan diukur dari mulai titik lompat hingga titik pendaratan. Adapun pada kejuaraan lompat tinggi maka yang diukur ialah ketinggian lompatan para atlit yang dapat dicapai dalam satu kali lompatan.

Loncat

Pengertian loncat adalah suatu gerakan yang dilakukan dengan tumpuan dua kaki, sehingga kaki kanan dan kaki kiri sama-sama menjadi tumpuan dalam waktu yang bersamaan. Jika orang akan loncat dia harus berhenti di satu tempat dengan dua kakinya dan mulai meloncat keketinggian.

Contoh loncat dalam bidang olah raga adalah loncat harimau, loncat botol, dan loncat tali. Dinamakan loncat harimau karena gaya yang digunakan menyerupai harimau yang sedang memangsa hewan buruannya. Pada loncat harimau ini, seorang atlit harus mendarat dengan kedua tangannya dengan sedikit menggulingkan badan diakhir pendaratan.

Perbedaan Lompat dan Loncat

dari penjelasan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa lompat merupakan gerakan yang dilakukan dengan tumpuan satu kaki, sedangkan loncat adalah gerakan yang dilakukan dengan tumpuan dua kaki. Jadi pembeda utama daru kedua gerakan ini ada pada tumpuan kakinya, apakah dilakukan oleh satu kaki atau dua kaki.

Demikian artikel ringkas tentan apa saja beda antara lompat dengan loncat,yang pada sebagian masyarakat menyangka bahwa kedua istilah itu adalah sama. Semoga dengan membaca artikel ini, ada sedikit pencerahan ilmu yang didapat oleh para pembaca setia blog area perbedaan ini, saya ucapkan terimakasih.

Perbedaan Lompat dan Loncat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis