Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Saat anda membuat kue ataupun roti maka akan memerlukan bahan pengembang yang menjadikan kreasi makanan anda menjadi empuk penuh kelezatan. Untuk itu bagi anda yang menyukai dunia kuliner harus mengetahui apa perbedaan antara baking soda dengan baking powder dilihat dari bahan dan fungsi penggunaannya.


Baking Soda

Pengertian baking soda (soda kue) adalah sodium bikarbonat murni yang bersifat alkalin yaitu apabila tercampur dengan cairan dan bahan yang mengandung asam seperti cuka, buttermilk, sour cream, air jeruk lemon, yogurt, madu maka dapat menghasilkan gas karbondioksida yang membuat kue jadi mengembang.

Proses penghasilan gas ini terjadi pada saat pencampuran adonan dan berlangsung dengan cepat, oleh karena itu setelah anda mencampurkan baking soda dengan adonan kue atau roti maka harus segera dipanggang. Karena jika tidak segera dipanggang maka adonan dapat kembali mengempis seperti semula.

Baking Powder

Pengertian baking powder adalah baking soda yang sudah dicampur dengan asam seperti cream of tartar dan bahan pengering. Jenis baking powder ada dua macam yaitu single acting dan double acting. Untuk baking powder dengan single acting diaktifasi pada saat terkena cairan atau pada saat anda melakukan pencampuran, oleh karena itu setelah pencampuran adonan kue harus segera dipanggang.

Sedangkan baking powder dengan double acting memiliki sifat yang berbeda yaitu pada saat pencampuran adonan, gas yang terbentuk mulai akan muncul tetapi mayoritas gas terbentuk pada saat suhu adonan meningkat yaitu waktu dipanggang. Oleh karena itu adonan kue menjadi tidak masalah jika anda tunda terlebih dahulu atau harus menunggu sebelum dioven.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Kedua bahan pengembang ini memiliki warna yang sama yaitu berwarna putih, namun baking soda 3-4 kali lebih kuat daripada baking powder. Baking soda terbuat dari sodium bicarbonate saja, sedangkan baking powder terbuat dari campuran sodium bicarbonate yang dicampur dengan bahan asam dan bahan lainnya.

Baking soda hanya akan bereaksi jika dicampur dengan bahan yang mengandung asam, sedangkan baking powder akan bereaksi saat tercampur dengan bahan cair dan adonan kue akan langsung mengembang. Sehingga dalam penggunaannya maka jika akan membuat kue tanpa telur maka gunakanlah baking powder, namun jika akan membuat kue menggunakan campuran telur maka gunakan baking soda.

Baking soda memiliki rasa pahit jika tidak dicampur bahan asam, sementara baking powder memiliki rasa netral dan biasa dicampur dengan bahan netral. Baking soda dipakai dalam resep kue-kue kering dan kue yang memakai campuran buah atau manisan buah, sementara baking powder sering digunakan saat membuat cake.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis