Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Apartemen dan Rumah Susun

Sebuah rumah menjadi kebutuhan pokok dalam hidup sehingga pemenuhan tempat tinggal untuk berteduh keluarga ini sangat penting untuk diperhatikan oleh pihak pemerintah maupun swasta. Ada beberapa istilah yang mungkin anda belum pahami seperti apartemen, condotel, rumah susun, kondominium, rumah flat, dan istilah lainnya. Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas tentang apa saja perbedaan antara apartemen dengan rumah susun jika dilihat dari berbagai segi.


Apartemen

Pengertian apartemen adalah sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Di dalam gedung apartemen mempunyai banyak unit apartemen, bahkan pada apartemen besar biasanya terdapat hingga ratusan unit apartemen. Sebenarnya istilah apartemen ini banyak digunakan di Amerika Utara, sementara istilah rumah flat banyak digunakan di Britania Raya.

Apartemen yang ada di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Makassar, dan kota lainnya terus mengalami peningkatan seiring naiknya minat masyarakat untuk membeli unit apartemen ini. Contohnya pada tahun 2015 saja ada sekitar 24,854 apartemen baru di Jakarta dan sekitarnya. Minat masyarakat ini di dorong akan sempitnya lahan di kota besar dan berbagai kemudahan serta pelayanan yang ditawarkan oleh sebuah unit apartemen.

Rumah Susun

Pengertian rumah susun (rusun) adalah suatu bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing satuan tersebut dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah terutama untuk tempat hunian yang dilengkapi dengan bagian, benda, dan tanah bersama.

Contoh rumah susun yang sudah dibangun di Jakarta diantaranya ialah rusun di Penggilingan, Perumnas Klender, Pulomas, Tanah Abang, Tebet, Tanah Tinggi, Cipinang, dan beberapa daerah lainnya. Pemerintah Indonesia pada saat sekarang ini telah mencanangkan akan membangun sekitar 1000 tower rusun di 10 kota besar di Indonesia yang rencananya akan selesai pada beberapa tahun kedepan.

Perbedaan Apartemen dan Rumah Susun

Apartemen dibangun untuk memenuhi kebutuhan hunian masyarakat menengah keatas, sedangkan rumah susun dibangun untuk kebutuhan rumah kelas ekonomi menengah kebawah. Jika dilihat dari tingkat privasi maka tingkat privasi apartemen sangat tinggi, sedangkan tingkat privasi di unit rumah susun masih sangat rendah.

Aturan untuk penghuni aapartemen sangat jelas dan dibuat dalam bentuk peraturan tertulis, sedangkan aturan rumah susun tidak jelas dan pada umumnya hanya berupa etika dan moral saja. Harga apartemen jauh lebih mahal dibandingkan harga rumah susun yang relatif murah sehingga terjangkau oleh semua masyarakat.

Fasilitas apartemen sangat lengkap, dari mulai tempat parkir, sara bermain anak, tempat olah raga, mall, hingga kolam renang pun tersedia. Sedangkan fasilitas rumah susun sangat terbatas, walaupun ada maka hanya seadanya dan anda jangan berharap banyak dari fasiltas rusun ini. Apapun pilihan anda maka harus disesuaikan dengan fungsi dan kemampuan fianansial anda sehingga bermanfaat.

Perbedaan Apartemen dan Rumah Susun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis