Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Tanjung dan Teluk

Daratan maupun lautan merupakan dua bagian yang menghiasi permukaan bumi ini dengan keteraturannya sehingga nampak indah dan mempesona. Adapun adanya perbedaan antara tanjung dengan teluk merupakan hal yang telah umum diketahui di masyarakat. Dengan adanya fenomena alam ini menjadikan kita dapat melihat kekayaan alam yang mempesona di bibir pantai yang telah diciptakan Allah swt.


Wisata pantai memang menjanjikan pesona laut yang indah, namun sesekali anda harus mencoba mengunjungi semenanjung yang menjorok ke lautan. Sehingga menghasilkan suasana yang eksotis dan memiliki keunikan tersendiri saat anda berada di daratan yang mengarah ke laut lepas. Angin yang kencang menerpa menjadikan liburan anda terasa lebih hidup dan menyenangkan.

Sementara di teluk anda akan merasakan suasana lain yaitu laut yang tenang karena terhalang atau terapit oleh dua batas pulau. Biasanya teluk menjadi tempat ikan berkumpul dan sangat baik untuk tempat memancing. Anda bisa mencari teluk yang memiliki pemandangan yang romantis dan anda bisa mengajak keluarga untuk berlibur sejenak dan menghirup udara segar khas teluk.

Tanjung

Pengertian tanjung adalah suatu daratan yang menjorok ke laut, atau dengan kata lain tanjung merupakan daratan yang dikelilingi oleh laut di ketiga sisinya. Beberapa pulau di Indonesia banyak memiliki tanjung, hal ini terjadi disebabkan oleh letak geografis pantai di kepulauan Indonesia tidak rata.

Adapun istilah semenanjung ialah suatu tanjung yang memiliki area wilayah yang cukup luas, sehingga dapat dihuni oleh penduduk dalam jumlah banyak. Sebaliknya ada istilah ujung yang memiliki pengertian tanjung yang sangat sempit areanya, seperti contohnya di provinsi Banten ada tempat wisata bernama Ujung Kulon.

Teluk

Pengertian teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letak teluk yang strategis dan memiliki ombak yang cukup kecil, sehingga teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan.

Beberapa teluk yang terkenal di dunia di antaranya adalah Teluk San Francisco yang berada di Amerika Serikat, Teluk Guantanamo di Kuba, dan Teluk Persia di Jazirah Arab. Beberapa teluk besar di Indonesia adalah Teluk Cenderawasih yang berada di Papua, Teluk Tomini di Sulawesi, dan Teluk Bone, juga di Sulawesi.

Perbedaan Tanjung dan Teluk

Setelah melihat uraian diatas maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tanjung adalah kebalikan dari teluk, jika tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut maka teluk adalah lautan yang menjorok ke darat. Adapun persamaan tanjung dengan teluk adalah keduanya dapat ditemukan pada garis pantai yang sama.

Perbedaan Tanjung dan Teluk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis