Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Yoga dan Pilates

Menjaga kesehatan tubuh agar tetap segar dan berenergi adalah hal penting untuk diusahakan. Karena nikmat sehat merupakan salah satu pemberian Allah swt. yang harus kita syukuri. Perbedaaan yoga dengan pilates akan memberikan sedikit gambaran tentang metode senam yang banyak dilakukan orang untuk memperoleh kebugaran dan konsentrasi di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.


Yoga

Pengertian yoga adalah salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang dapat memusatkan seluruh pikirannya untuk mengontrol panca indera dan tubuhnya secara keseluruhan.

Selain itu latihan yoga juga biasa digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan cara melatih pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan sejak kurang lebih 5000 tahun yang lalu.

Baca juga: Perbedaan Jalan dan Lari

Orang yang melakukan senam yoga disebut dengan yogis, adapun istilah yogin bagi praktisi pria dan istilah yogini bagi praktisi wanita. Klasifikasi ajaran yoga tertuang dalam Bhagavad Gita, diantaranya karma yoga, jnana yoga, bakti yoga, dan raja yoga.

Pilates

Pengertian pilates adalah salah satu metode dalam olahraga yang dikembangkan oleh seorang Jerman bernama Joseph Hubert Pilates pada sekitar awal abad ke dua puluh.

Metode ini difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang.

Jika anda rajin melakukan latihan pilates maka akan membuat otot-otot anda terasa lebih kuat, namun tidak dengan menambahkan tampilan otot menjadi terlihat besar dari pengangkat berat badan.

Perbedaan Yoga dan Pilates

Perbedaan yang dirasakan ialah yoga akan terasa lebih spiritual dibandingkan pilates yang hanya berfokus pada olah tubuh.

Selain itu senam yoga mendekati tubuh lebih halus, memahami tingkat keadaan tubuh, serta memaafkan tubuh jika belum mampu mencapai sebuah pose, melatih tubuh secara perlahan dan fokus pada pernapasan dan kesadaran mendalam. Sedangkan pilates lebih memecut tubuh untuk dapat mencapai sebuah kondisi tertentu, core yang kuat, postur yang benar, dan keseimbangan yang baik.

Perbedaan Yoga dan Pilates Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis